Momen Seru Gordon Ramsay ke Sumbar, Jelajah Pasar hingga Ikut Pacu Jawi

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 04 Jul 2020 13:00 WIB
Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera Barat Foto: National Geographic

4. Jelajah pasar tradisional

Momen seru Gordon Ramsay di Sumatera BaratMomen seru Gordon Ramsay di Sumatera Barat Foto: Instagram gordongram dan natgeochannel

Ramsay juga sempat menyambangi sebuah pasar tradisional di Sumatera Barat. Ia terkesima dengan suasana pasar yang ramai sekaligus ragam bahan makanan yang dijajakan. "Dan ini dipenuhi beragam bahan-bahan makanan," tutur Ramsay.

Ramsay pun melihat bagaimana ibu-ibu penjual bumbu mengulek bumbu rendang di cobek besar. Bumbu ini nantinya ia pakai untuk membuat rendang versinya sendiri. Ramsay bahkan sempat 'numpang' menumis bumbu rendang di salah satu warung kecil yang ada di pasar.

Hal menarik lain adalah ketika Ramsay mendapati adanya ayam hidup yang siap disembelih, belut hidup, sampai usus sapi di pasar itu. Saat ditawari cicip usus sapi atau tambusu, pemilik banyak bintang Michelin ini menolaknya.

5. Perkenalkan bahan lokal Sumatera Barat

Momen seru Gordon Ramsay di Sumatera BaratMomen seru Gordon Ramsay di Sumatera Barat Foto: Instagram gordongram dan natgeochannel

Gordon Ramsay memperkenalkan berbagai bahan makanan lokal yang ia temui selama di Sumatera Barat. Berlatar ngarai cantik, Ramsay menunjukkan bumbu rendang yang ia dapat, ikan kembung hasil tangkapan nelayan di laut, potongan daging sapi yang siap diolah jadi rendang, hingga sambal.

Ramsay tak ketinggalan menunjukkan kopi luwak. Ia mendeskripsikannya sebagai kopi paling istimewa dari Indonesia yang dihasilkan dari kotoran musang. "Mereka (musang/luwak) memakan biji kopi, mereka buang air besar berbentuk biji kopi, yang kemudian dikeringkan, dan ini adalah rasa yang sangat luar biasa," ujarnya.

Rempah-rempah segar seperti lengkuas, cabai merah, cabai hijau, bawang putih, dan lainnya juga ditunjukkan. Juga santan yang kental sebagai bahan utama pembuatan bumbu rendang. "Ini adalah mimpi yang jadi nyata," tutupnya.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua

(adr/odi)