William Wongso Jadi Mentor Rendang Gordon Ramsay, Netizen Pro Kontra

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Selasa, 30 Jun 2020 11:02 WIB
Gordon Ramsay syuting Uncharted di Sumatera Barat Foto: National Geographic
Jakarta -

William Wongso jadi mentor rendang Gordon Ramsay saat chef Inggris ini ke Sumatera Barat. Perjalanan Ramsay ditemani William Wongso ada dalam tayangan Uncharted.

William Wongso kini tengah trending di Twitter (30/6). Hal ini bermula dari penampilannya saat menemani Gordon Ramsay yang berkunjung ke Sumatera Barat dalam rangkaian syuting Uncharted, program dokumenter buatan National Geographic. Episode kunjungan Gordon Ramsay ke Sumatera Barat ditayangkan kemarin (29/6) pagi pukul 09.00 WIB melalui TV kabel.

Dikisahkan Ramsay datang ke Sumatera Barat untuk mencari William Wongso. Ia ingin belajar bikin rendang langsung dengan pakar kuliner Indonesia ini. Keduanya bahkan berkompetisi membuat rendang terbaik versi mereka untuk disajikan pada gubernur Sumatera Barat dan keluarga.

Gordon Ramsay dan William Wongso masak rendangGordon Ramsay dan William Wongso masak rendang Foto: National Geographic

Nampak momen keakraban Ramsay dan William Wongso saat berdampingan membuat rendang. Meski berkompetisi, William Wongso sesekali memberi tips pada Ramsay untuk membuat rendang yang sempurna. Salah satunya untuk tidak masak rendang terlalu cepat.

Secara pribadi, Ramsay ternyata begitu menghormati William Wongso. Bahkan menurut pria 72 tahun ini, Ramsay sangat baik padanya selama proses syuting. Ia juga kerap bilang 'You're my mentor' atau berarti 'Kamu adalah mentor saya' pada William Wongso.

Baca Juga: Mencari William Wongso, Gordon Ramsay Belajar Masak Rendang di Sumbar

Kemunculan William Wongso sebagai mentor rendang Ramsay ternyata tidak disambut positif semua orang. Di Twitter, netizen silang pendapat mengenai apakah William Wongso cocok disebut mentor atau master rendang.

Pro kontra William Wongso sebagai mentor rendangPro kontra William Wongso sebagai mentor rendang Foto: Twitter

Akun @MPribumi mengatakan, "Saya tidak tahu kalau master rendang adalah William Wongso. Di mana para chef asli Sumatera Barat yang membuat rendang sesungguhnya? Di mana orang-orang Minang yang daerahnya merupakan asal muasal rendang? Di mana mereka? Tidak ada chef asli Minang? Apa yang terjadi?"

Kicauan @MPribumi ditanggapi banyak orang. Salah satunya @Timobros yang berujar, "Saya yakin ada banyak pakar rendang di luar sana, tapi WW (William Wongso) adalah orang yang selama ini tak mengenal lelah dalam mempromosikan rendang sebagai makanan Indonesia, riset brah."

Pro kontra William Wongso sebagai mentor rendangPro kontra William Wongso sebagai mentor rendang Foto: Twitter

@onycokro juga ikut berkomentar. Ia mengungkap alasan mengapa orang-orang menyebut William Wongso sebagai 'master rendang,' 'diplomat rendang', atau 'pakar rendang'. "Meskipun dia tidak berasal dari Minang (Sumatera Barat, tapi dia selalu mempromosikan rendang sebagai makanan terbaik Indonesia. Kemana chef asli Minang? Banyak tentunya. Tapi beliau selalu di garis depan."

Penjelasan @onycokro lantas kembali ditimpali @MPribumi. "Baguslah. Tapi gw tetep aja menyayangkan Gordon Ramsay tidak lawan local chef," katanya.

Sebelumnya @MPribumi juga berpendapat kenapa Ramsay tidak diajari mentor rendang sesungguhnya. "Saya pikir ini alasannya, Gordon Ramsay takut kalah lagi jika tantangan (masak rendang) lawan chef asli daerah itu seperti ketika dia di Singapura." Ramsay memang pernah kalah dalam adu masak laksa bersama chef kedai 328 Katong Laksa pada tahun 2013.

William WongsoWilliam Wongso Foto: dok. William Wongso

Meski begitu, kebanyakan netizen justru tidak sependapat dengan @MPribumi. Mereka menyayangkan pihak-pihak yang nyinyir dengan keputusan National Geographic dalam memilih William Wongso sebagai mentor rendang yang mendampingi Ramsay.

"Sebagai seorang anak yang setiap pulang sekolah selalu mantengin acara kuliner di TV, I'm really pissed to that someone who disrespecting William Wongso, a living legend in Indonesian culinary industry for showing up in "Gordon Ramsey: Uncharted"," kata Seno Novriawan.

Pro kontra William Wongso sebagai mentor rendangPro kontra William Wongso sebagai mentor rendang Foto: Twitter

"Buat yg nyinyir, apa sih ruginya utk kalian Om Will tampil di Natgeo? Apa biasanya selama ini kalian peduli kuliner Indonesia? Atau baru skrg krn Om Will tandeman sama Gordon Ramsay? Tau gag food diplomacy yg dilakukan om Will selama ini?" sahut Lucy Wiryono.

"Pak William Wongso punya penghargaan Chevalier dans l'Ordre National du Merite dari Pemerintah Perancis, satu-satunya orang Indonesia anggota Elite de la Boulangerie International, menang penghargaan internasional "Best Cookbook of the Year". Just saying," timpal @yosephsianturi.

William Wongso memang dikenal sebagai salah satu pakar kuliner Indonesia yang kerap mempromosikan kuliner asli Indonesia ke luar negeri. Salah satunya ia pernah mendemokan cara masak rendang di depan para pengusaha dan profesional di Houston, Amerika Serikat. Belum lagi memasak untuk jamuan kenegaraan Presiden RI di luar negeri.

Baca Juga: Rendang yang Kaya Rempah Disajikan William Wongso di Houston



Simak Video "Pesan William Wongso untuk Kamu yang Ingin Berjualan di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)