Rendang yang Kaya Rempah Disajikan William Wongso di Houston

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 12 Mar 2018 15:00 WIB
Foto: KJRI Houston Foto: KJRI Houston
Houston - Kemarin (11/3), pakar kuliner William Wongso unjuk kebolehan di Houston, Texas. Ia mengolah rendang yang kaya rempah di depan para pengusaha dan profesional Houston.

Bekerja sama dengan Indonesian American Chamber of Commerce Southeastern Central USA, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Houston menggelar Experience the Richness of Indonesian Foods and Cooking Demo bersama Chef William Wongso pada Sabtu, 11 Maret 2018.

Rendang yang Kaya Rempah Disajikan William Wongso di HoustonFoto: KJRI Houston

Sekitar 100 tamu memenuhi kantor KJRI Houston. Mereka berasal dari kalangan pengusaha, profesional dan warga Indonesia yang tinggal di Houston.

Baca Juga: William Wongso Meracik Nasi Goreng di 'Busan One Asia Festival'

Dalam sambutannya, Konsul Jenderal Dr. Nana Yuliana mengatakan diplomasi kuliner Indonesia adalah bagian dari diplomasi persuasif, diplomasi ekonomi yang ditunjukkan dari hadirnya restoran Indonesia di seluruh dunia. Di Houston, setidaknya ada 3 restoran Indonesia bernama Mama Yu di Beechnut, Red Wok di Gesner dan Rice Bowl di Bellaire.

Dalam acara bersama William Wongso tersebut, turut hadir juga masyarakat Houston. Mereka diundang mencicip rasa unik hidangan Indonesia yang akan ditampilkan dalam Indonesian Culinary Festival pada November 2018.

Rendang yang Kaya Rempah Disajikan William Wongso di HoustonFoto: KJRI Houston

Sebenarnya banyak hidangan Indonesia yang dijadikan ikon kuliner di luar negeri. Salah satunya rendang dari Sumatera Barat. Hidangan ini menggunakan banyak rempah yang mewakili alasan mengapa zaman dulu bangsa Eropa datang ke Indonesia.

Rendang juga sudah mendapat pengakuan enak dari CNN Travel tahun 2017. Penilaiannya dilakukan berdasarkan suara terbanyak dalam jajak pendapat atau polling melalui Facebook. Ada lebih dari 35.000 suara yang masuk dengan rendang menjadi makanan yang paling banyak dipilih.

Saat chef William Wongso menunjukkan cara membuat rendang, antuasiasme tamu begitu terlihat. Mereka kagum dengan pemakaian rempah pada rendang. Menurut mereka, bahan-bahan penyusun rendang luar biasa dan kaya rempah.

Baca Juga: Hebat! Rendang Indonesia Kembali Jadi Makanan Terlezat Nomor 1 di Dunia (adr/adr)