5 Fakta Warga China Takut Makan Salmon Karena Virus Corona

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 26 Jun 2020 09:00 WIB
Salmon Foto: Getty Images/iStockphoto/Oxana Medvedeva

4. Warga China takut makan salmon

Masih menurut Chen Qiao, banyak warga China kini takut makan salmon. "Tak ada yang berani beli salmon sekarang, terlepas dari mana asalnya. Kami berharap penjualan yang turun ini hanya sampai satu atau dua bulan ke depan saja," ujarnya.

Ketakutan makan salmon diakui seorang pegawai pemerintah China, Ma Xuan. Ia berujar, "Saya sudah mengeluarkan semua ikan beku yang ada di kulkas rumah saya dan tidak akan beli lagi. Saya akan menunggu sampai asal gelombang baru virus ini jelas."

Hal ini tentu saja berdampak pada restoran hotpot dan sushi di Beijing yang kerap menggunakan seafood segar dalam pembuatan makanannya. Barron Qin, pemilik restoran hotpot ikan bernama Yufu Yuzai mengatakan penurunan pengunjung sampai 50% padahal mereka tidak menyajikan salmon. "Harapan saya seperti gelembung sabun, meledak oleh babak baru wabah," katanya.

5. Ekspor salmon Norwegia ke China turun sejak Februari

SalmonSalmon Foto: Getty Images/iStockphoto/Oxana Medvedeva

Sebelum warga China takut makan salmon karena gelombang baru virus Corona diprediksi dari ikan sehat ini, faktanya angka ekspor salmon Norwegia ke China sudah turun drastis sejak Februari 2020.

Salmon segar yang dikirim ke China biasanya berukuran besar. Ukuran satu ikan salmon memiliki berat sekitar 5 kilogram atau lebih. Ikan kualitas sama juga dikirim ke Korea dan Vietnam.

Namun passokan salmon ke China mengalami penurunan. "Kami memang memiliki pasar Eropa namun tetap saja berpengaruh. Itulah sebabnya saya pikir keadaan ini akan terus berlanjut sampai kondisi di China kembali kondusif," kata Ola Bernt Solheim, kepala bagian pemasaran dan penjualan ikan salmon di Norwegia.

Sebelum-sebelumnya, konsumen China adalah sasaran empuk ekspor salmon karena mereka selalu memesan rutin dalam jumlah banyak. Tahun lalu ekspor salmon Norwegia ke China hampir mencapai 23.293 metrik ton.

Baca Juga: Virus Corona Menyebar, Ekspor Salmon Norwegia Ke China Turun Drastis

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]

(adr/odi)