5 Fakta Warga China Takut Makan Salmon Karena Virus Corona

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Jumat, 26 Jun 2020 09:00 WIB
Salmon Foto: Getty Images/iStockphoto/Oxana Medvedeva

2. Sosok patient zero virus Corona yang terpapar dari salmon

Pemerintah China berhasil menelusuri jejak pasien pertama gelombang virus Corona baru di sana. Adalah Tang, pria 52 tahun yang awalnya ke pasar Xinfadi untuk membeli ikan salmon.

Usai pulang dari pasar, Tang positif virus Corona. Kemudian muncul lonjakan kasus baru dalam satu minggu di sana, totalnya mencapai 158. Tang sendiri pergi ke pasar Xinfadi pada 3 Juni 2020.

Tang bercerita, "Saat itu saya pergi ke pasar untuk membeli beberapa ikan. Anak-anak saya ingin makan ikan, jadi saya ke sana dan ternyata saya malah terjangkit virus corona," jelas Tang. Gejala yang ia alami adalah demam sebelum dirinya datang ke rumah sakit.

Pemerintah sempat mengklaim virus Corona yang ada di pasar Xinfadi bisa jadi berasal dari Eropa. Namun belum diketahui pasti bagaimana virus itu bisa sampai ke China.

Baca Juga: Beli Ikan ke Pasar, Pria Ini Jadi 'Patient Zero' Terbaru COVID-19 di China

3. Penjualan salmon turun

SalmonSalmon Foto: Getty Images/iStockphoto/Oxana Medvedeva


Dikutip dari Reuters (24/6), supermarket dan e-commerce sepertiTaobao, JD.com, danMeituan di China alami penurunan penjualan salmon. Mereka memangkas penjualan salmon impor di Beijing dan bahkan ada yang sampai menarik semua produknya secara nasional.

Analis ekonomi bernama Dan Wang bahkan memperkirakan angka impor seafood China turun 3% tahun ini. "Konsumsi seafood pada bulan Juni akan tumbang karena kepanikan publik mengenai seafood sebagai pencetus gelombang kedua virus Corona," ujarnya.

Hal ini juga diakui eksportir salmon dari Norwegia, Bravo Seafood. Pihaknya mengakui ekspor salmon ke China awalnya terlihat menjanjikan, namun kasus Corona di Beijing gara-gara salmon mengubah semuanya. "Kami bahkan belum mengirim seekor salmonpun ke China sejak 13 Juni," kata Chen Qiao, direktur penjualan Bravo's Asia.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video " Ingat! Jangan Asal Konsumsi Frozen Food"
[Gambas:Video 20detik]