Mirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi Viral

Sonia Basoni - detikFood Minggu, 21 Jun 2020 08:00 WIB
Mirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi Viral Foto: Facebook Chand Das
Jakarta -

Beberapa monyet jadi viral di media sosial dan internet karena aksinya yang mirip seperti manusia. Mulai dari monyet social distancing saat makan sampai monyet yang jalani diet ketat.

Sama seperti anjing dan kucing yang sering melakukan hal-hal aneh, monyet juga masuk ke dalam daftar hewan yang sering meniru perilaku manusia. Banyak dari aksi monyet yang kadang lucu hingga menyeramkan ini jadi viral.

Seperti monyet yang makan semangka sambil jaga jarak, lalu ada monyet yang harus dipenjara karena kecanduan minuman alkohol, sampai monyet yang hobi makan junk food dan harus menjalani diet ketat agar berat badannya turun.

Dilansir dari berbagai sumber berikut lima aksi monyet seperti manusia yang jadi viral.

Baca Juga: Kocak! Rayakan Ulang Tahun di Hutan, Kue Pria Ini Malah Dicuri Monyet

1. Monyet Jalani Diet Ketat

Mirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi ViralMirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi Viral Foto: GulfNews/NDTV/Visual/Coconut

Di tahun 2016 lalu monyet dengan jenis Macaque sempat viral di internet karena bentuk tubuhnya yang terlalu besar, dan berbeda dari bentuk tubuh monyet kebanyakan. Foto monyet Macaque ini kemudian diunggah di situs Reddit, dan mendapatkan berbagai respon dari netizen.

Monyet ini dikenal sebagai 'Uncle Fat' atau Paman Gemuk yang berasal dari wilayah Bangkok, Thailand. Awalnya Uncle Fat menjadi gemuk setelah memakan semua sisa junk food seperti soda, keripik kentang, dan lain-lain yang ditinggalkan oleh para wisatawan.

Uncle Fat akhirnya dibawa ke penangkaran hewan di tahun 2017, untuk menjalani pola diet ketat guna menurunkan berat badannya. Ia memiliki berat badan sebesar 27,2 kg, di mana kisaran berat badan monyet pada umumnya hanya mencapai 9 kg saja. Setelah menjalani diet ketat dengan hanya makan sayuran saja kini berat badannya secara perlahan turun.

2. Makan Semangka Sambil Jaga Jarak

Mirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi ViralMirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi Viral Foto: GulfNews/NDTV/Visual/Coconut

Menjaga jarak jadi hal yang penting dilakukan untuk semua orang dalam mencegah virus Corona. Nah selain manusia para monyet juga menerapkan konsep social distancing yang bikin ngakak. Monyet-monyet di Pradesh, India, ini duduk dengan membatasi jarak satu sama lain saat makan bareng.

Lewat foto yang viral di internet, terlihat seorang pria tengah sibuk membagikan pisang hingga potongan semangka yang segar di tengah jalanan yang sepi.

Di depannya duduk 12 ekor monyet yang saling berjauhan dan dengan sabar menanti giliran mereka mendapatkan buah. Setelah buah itu dibagikan, monyet-monyet itu tetap tertib makan di tempat mereka masing-masing sambil menjaga jarak. Foto ini langsung viral di media sosial dan mendapatkan banyak pujian dari netizen.

3. Monyet Curi Durian

Mirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi ViralMirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi Viral Foto: WOB

Selain manusia ternyata monyet juga gemar menyantap buah durian yang memiliki aroma menyengat ini. Saat itu ada satu ekor monyet yang tertangkap mencuri durian di salah satu kebun yang ada di Malaysia.

Kejadian ini jadi viral lewat sebuah video yang tersebar di Facebook. Sang pemilik kebun yang tidak disebutkan identitasnya ini, mengabadikan aksinya saat memberikan hukuman kepada seekor monyet.

Dalam video tersebut terlihat bagian tubuh monyet yang sudah diwarnai menjadi merah, kemudian kedua tangannya diikat dengan kencang di atas tanah, lengkap dengan tubuh dan kakinya yang diikat dengan seutas tali berisi buah durian. Video ini menuai pro dan kontra karena dinilai sudah termasuk ke dalam bagian penyiksaan hewan.

4. Monyet Dipenjara Seumur Hidup

Mirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi ViralMirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi Viral Foto: GulfNews

Seekor monyet bernama Kalua yang berasal dari Mirzapur, India harus mendekam seumur hidup di dalam penjara karena menggigit orang hingga meninggal dunia.

Menurut laporan yang ada, Kalua merupakan monyet peliharaan seorang warga lokal yang sering memberikannya minuman beralkohol dan membuatnya menjadi pecandu alkohol. Ketika sang pemilik berhenti memberinya minuman alkohol, ia berubah menjadi agresif dan galak.

Ia kabur dari tempat penangkarannya dan mulai membuat teror ke warga sekitar. Monyet berusia 6 tahun ini mengamuk dan mencari minuman alkohol. Ia menyerang warga hingga menyebabkan seorang warga meninggal dan ia harus mendekam di penjara karena kecanduannya ini.

5. Monyet Makan Disuapi manusia

Mirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi ViralMirip Manusia, 5 Aksi Monyet Makan Sampai Diet Ini Jadi Viral Foto: Facebook Chand Das

Semenjak lockdown di India karena virus Corona, banyak hewan liar yang kelaparan seperti monyet yang satu ini. Karena tak tega melihat monyet yang kelaparan seorang wanita asal Bengali memutuskan untuk memberi makan monyet itu di dalam rumahnya.

Video ini langsung viral di Facebook karena banyak netizen yang berkata bahwa wanita itu mirip seperti tengah menyuapi makanan untuk anaknya.

Wanita itu menyediakan dal dan nasi untuk sang monyet. Ia kemudian menyuapinya dengan telaten dan tentunya mendapatkan banyak pujian dari netizen karena wanita ini sudah mau menolong monyet yang kelaparan.

Baca Juga: Makan Otak Monyet yang Terancam Punah, Tiga Pria Ini Masuk Penjara

(sob/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com