Makan Otak Monyet yang Terancam Punah, Tiga Pria Ini Masuk Penjara

Sonia Basoni - detikFood Selasa, 23 Apr 2019 15:30 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Hewan terancam punah seharusnya dilindungi. Tapi tiga pria ini justru sengaja membunuh monyet langka, demi menyantap bagian otaknya untuk kepentingan pribadi.

Tiga pria asal Vietnam, harus mendekam di penjara setelah membunuh dan memakan daging monyet yang terancam punah. Mereka sengaja memburu dan membunuh monyet jenis Red-Shanked Douc, yang tersebar di wilayah Indochina, seperti Laos, Kamboja, dan Vietnam.

Baca Juga: 6 Hewan Ini Terancam Punah Karena Jadi Makanan di China
Makan Otak Monyet yang Terancam Punah, Tiga Pria Ini Masuk PenjaraFoto: Istimewa
Monyet ini masuk ke dalam salah satu hewan yang dilindungi, karena jumlahnya yang terus berkurang. Tapi tiga pria bernama Phan Van Hoi, Thai Dinh Quy, dan Thai Kim Hong, justru melakukan siaran video langsung ketika membantai seekor monyet Red-Shanked Douc.

Dikabarkan Strait Times (19/04), Hoi dan Quy dijatuhkan hukuman satu tahun penjara. Sementara Hong dijatuhkan hukuman selama 15 bulan, karena melanggar peraturan tentang perlindungan hewan liar yang berharga dan langka.

Selain tiga pria tadi, aksi ini juga melibatkan tiga pria lainnya. Bernama Phan Trong Son, Thai Vinh Quang, dan Thai Van Sang, yang sama-sama dijatuhkan hukuman satu tahun masa percobaan.
Makan Otak Monyet yang Terancam Punah, Tiga Pria Ini Masuk PenjaraFoto: Istimewa
Kelompok pria ini mulai melakukan aksi pembantaian pada bulan November tahun lalu, di mana mereka menyiarkan video ketika mereka tengah memakan otak monyet. Di Vietnam, banyak masyarakat yang percaya bahwa menyantap otak beberapa hewan, dapat meningkatkan kecerdasaan manusia.

Video saat mereka memakan otak monyet langka ini, tentunya viral di berbagai media sosial. Meski sudah dihapus, tapi video ini sudah terlanjur tersebar. Sehingga banyak orang yang merasa geram dengan perilaku orang-orang ini.
Makan Otak Monyet yang Terancam Punah, Tiga Pria Ini Masuk PenjaraFoto: Istimewa
Diketahui sebelumnya, monyet red-shanked douc, adalah spesies hewan yang dilindungi dan diatur di bawah hukum Vietnam. Meski populasinya yang terus berkurang, tapi banyak orang yang masih memburunya untuk digunakan sebagai obat tradisional hingga makanan.

Sehingga orang-orang yang sengaja memburu, atau membunuh monyet ini akan dijatuhkan hukuman penjara. Sesuai aturan hukum yang berlaku di Vietnam.

Baca Juga: Waduh! Demi Dapat Banyak Viewer, YouTuber Ini Makan Hewan Dilindungi (sob/odi)