6 Hewan Ini Terancam Punah Karena Jadi Makanan di China

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 14 Feb 2019 13:38 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Banyak makanan di China yang menggunakan daging hewan terancam punah. Karena hal ini, populasi beberapa hewan di China semakin menurun karena maraknya perburuan di sana.

Di wilayah Provinsi Guandong, banyak orang yang menyebutkan bahwa warga di sana akan memakan apapun di darat kecuali meja, memakan semua yang terbang kecuali pesawat, hingga memakan semua yang berada di laut kecuali kapal.

Dilansir The Epoch Times (12/02), berikut enam hewan di China yang terancam punah.

Baca Juga: Bisa Jadi 10 Makanan Ini Punah Ketika Anda Masih Hidup


1. Macan
6 Hewan Ini Terancam Punah Karena Jadi Makanan di ChinaFoto: Istimewa
Di pasar gelap yang berada di Guangdong, daging macan banyak dijual. Di tahun 2007, ada tiga macan hidup yang berhasil diselamatkan oleh pemerintah. Sementara banyak juga mobil truk yang tertangkap membawa tulang, hingga bulu macan. Lalu di tahun 2009, macan jenis Indochinese terakhir di China, dibunuh dan dimakan oleh seorang pria yang dijatuhkan hukuman 12 tahun penjara.

Di China, menyantap daging macan merupakan tradisi kuliner yang dilakukan oleh kalangan atas. Mereka yang menyantap daging macan, dianggap kaya dan berguna untuk memberikan kesan kepada klien hingga kolega mereka.


2. Salamander

6 Hewan Ini Terancam Punah Karena Jadi Makanan di ChinaFoto: Istimewa
Salamander raksasa atau giant salamander, merupakan hewan amfibi yang tampilannya seperti kadal. Di China, hewan ini termasuk ke dalam hewan langka yang sangat dilindungi. Apalagi salamander termasuk ke dalam hewan amfibi terbesar di dunia.

Sama seperti hewan langka lainnya, salamander merupakan hidangan mewah dan eksotik di China. Bahkan salamander terkenal dengan berbagai khasiatnya untuk menyembuhkan penyakit. Tapi populasinya terus menurun hingga 80% belakangan ini.


3. Kura-kura Amerika

6 Hewan Ini Terancam Punah Karena Jadi Makanan di ChinaFoto: Istimewa
Karena kura-kura di China semakin menurun, kini jenis kura-kura Amerika yang jadi komoditas populer di China. Pada tahun 2017 lalu, ada 170 yang disembunyikan di dalam kaus kaki pria di sebuah kotak kardus yang akan menuju ke China dari Amerika.

"Orang China telah menghabiskan spesies kura-kura mereka, sehingga kura-kura disana diambang kepunahan. Kini mereka berusaha mencuri spesies kura-kura kita," ungkap pihak berwenang di Amerika. Biasanya kura-kura sendiri ditumis, digoreng, dan disajikan dengan saus rempah langka yang menjadikan makanan ini begitu mahal.


4. Sturgeon

6 Hewan Ini Terancam Punah Karena Jadi Makanan di ChinaFoto: Istimewa
Sturgeon merupakan jenis ikan langka, yang memproduksi kaviar. Di China, perburuan ikan ini semakin marak sehingga mengancam populasi mereka. Apalagi dengan meningkatnya permintaan kaviar, sehingga para ikan ini harus dibunuh untuk diambil telurnya.

Selain itu banyak orang China yang menganggap bahwa kaviar merupakan makanan mewah, dan bisa melambangkan kekayaan. Sehingga jumlah ikan ini terus berkurang setiap tahunnya.


5. Burung beras

6 Hewan Ini Terancam Punah Karena Jadi Makanan di ChinaFoto: iStock
Burung beras atau Yellow-Breasted Bunting merupakan salah satu burung langka yang diambang kepunahan. Burung ini sangat populer di berbagai restoran yang ada di China, biasanya bagian burung disajikan dalam sup untuk membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Di pasar tradisional Qinping, para penjual menyebutkan bahwa burung ini tetap dicari. Kebanyakan orang tetap menyantap hewan yang terancam punah, apalagi banyak hewan yang dianggap memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

6. Pangolin
6 Hewan Ini Terancam Punah Karena Jadi Makanan di ChinaFoto: Istimewa
Pangolin merupakan binatang pemalu, termasuk ke dalam jenis hewan mamalia. Hewan ini sudah diambang kepunahan, dan termasuk ke dalam hewan yang paling banyak diperdagangkan di dunia.

Di China, daging pangolin biasanya disajikan dengan cara dikukus, menjadi sup, hingga digoreng. Beberapa orang percaya bahwa daging pangolin dapat menyembuhkan kanker, asma, hingga merangsang laktasi.

Baca Juga: Waduh! 60 Persen Varietas Kopi di Dunia Terancam Punah (sob/odi)