5 Fakta Tiwul, Olahan Singkong Pengganti Nasi Favorit Masyarakat Jawa

Yenny Mustika Sari - detikFood Selasa, 16 Jun 2020 10:30 WIB
Fakta Seputar Tiwul Foto: iStock

4. Olahan Tiwul

Fakta Seputar TiwulFakta Seputar Tiwul Foto: dok. detikFood / Yenny Mustika Sari

Walaupun rasanya hambar, namun tiwul bisa nikmat ketika diolah dengan campuran bahan makanan asin dan manis. Untuk varian asin, biasanya tiwul ditambahkan dengan sedikit garam. Lalu dikonsumsi langsung dengan beragam lauk khas Jawa.

Banyak juga masyarakat Jawa yang kerap mencampurkannya dengan nasi putih hangat. Nasi diaduk dan dicampurkan hingga menjadi satu dengan tiwul. Kemudian dimakan seperti nasi dengan beragam lauk khas Jawa yang lezat, seperti baceman tahu dan tempe, urapan sayur, ikan asin, dan sambal bawang.

Ada juga diolah dengan bahan makanan manis, bisa menambahkan gula Jawa yang disisir. Kemudian untuk menikmatinya bisa ditambahkan taburan kelapa. Biasanya olahan ini banyak ditemukan di penjual jenang yang ada di pasar tradisional Jawa.

5. Manfaat Tiwul

tiwulFakta Seputar Tiwul Foto: Istimewa

Satu lagi fakta menarik tiwul yang sangat menarik untuk diketahui. Walaupun terlihat sederhana dan seperti tidak bergizi, namun jangan salah karena tiwul punya beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Nutrisi yang terkandung pada tiwul berasal dari singkong.

Selain kandungan vitamin C, ternyata tiwul juga diperkarya dengan vitamin B Kompleks dimana baik untuk mengatasi penyakit anemia. Protein yang tinggi juga berperan untuk melatih daya tahan otot karena kandungannya cukup tinggi dibandingkan dengan kentang dan ubi jalar.

Tiwul juga bisa dijadikan makanan sehat untuk para pelaku diet. Karena karbohidratnya lebih rendah dari nasi putih jadi sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Kandungan serat juga terdapat pada tiwul yang baik untuk kesehatan pencernaan.

Halaman
1 2 3 Tampilkan Semua


Simak Video "Lagi Diet? Bisa Nikmati Penyetan hingga Kue Tiwul Kekinian"
[Gambas:Video 20detik]

(yms/adr)