Keren! Ayam Goreng Mini Market di Jepang Jadi Bekal Makanan Astronot

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 12 Jun 2020 18:00 WIB
- Foto: SoraNews24/Grapee
Jakarta -

Siapa sangka ayam goreng yang dijual di mini market Jepang berhasil masuk jadi menu makanan astronot di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Mini market di Jepang punya banyak makanan enak mulai dari roti hingga makanan utama seperti chicken karaage. Di setiap gerai mini market Lawson ada menu Karaage-kun yang sangat populer dan digemari di sana.

Baca Juga: Penuh Tantangan, Begini Pengalaman Puasa Astronot di Luar Angkasa

-- Foto: SoraNews24/Grapee



Berbeda dengan yang lainnya, karaage yang satu ini hanya dijual di gerai mini market Lawson yang ada di Jepang lengkap dengan kemasan kotak dan logo ayam warna-warni di sana.

Dilansir dari Grapee (12/06), popularitas Karaage-kun ini bahkan sampai luar angkasa. Banyak astronot asal Jepang yang memesan menu daging sebagai bekal mereka di luar angkasa pada tahun 2017 lalu. Sejak saat itu perusahaan Lawson mulai menciptakan produk ayam goreng Kaarage-kun terbaru yang sesuai dengan standard makanan astronot.

Selama lebih dari tiga tahun Lawson mengembangkan produk ini. Mereka mengembangkan ayam goreng sesuai regulasi dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA), di mana Karaage-kun harus awet selama 11 bulan dan harus memiliki sertifikat makanan luar angkasa.

-- Foto: SoraNews24/Grapee



Dibantu oleh Tsukuba Space Centre, Lawson menciptakan teknik pembekuan dan pengeringan untuk produk ayam goreng mereka. Setelah beberapa kali percobaan akhirnya Lawson memutuskan untuk membuat Karaage-kun seperti popcorn chicken yang bisa dimakan kapan saja oleh para astronot.

Pada tanggal 8 Juni lalu akhirnya Karaage-kun berhasil mendapatkan sertifikat makanan luar angkasa yang diberikan oleh JAXA. Produk ayam goreng ini sudah terbukti higienis dan bisa bertahan selama 1,5 tahun di luar angkasa.

Tentu saja kabar ini langsung menyebar di Jepang dan mendapatkan beragam komentar dari netizen.

-- Foto: SoraNews24/Grapee



"Apa benar sekarang ada Karaage-kun di luar angkasa? Karena ini ayam goreng, saya rasa para astronot dari negara lain juga bisa menikmatinya," tulis seorang netizen.

"Selain jadi makanan astronot, Karaage-kun seharusnya jadi makanan darurat saat bencana," saran netizen lainnya.

Selain Karaage-kun, para astronot Jepang yang ada di ISS juga akan menikmati produk biskuit beras yaitu Kaki No Tani. Kedua makanan ini diharapkan dapat memberikan semangat untuk para astronot di ISS.

Baca Juga: 5 Makanan Aneh yang Disantap Astronot, Ada Makanan Basah hingga Air Kencing



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)