5 Makanan Aneh yang Disantap Astronot, Ada Makanan Basah hingga Air Kencing

Devi Setya - detikFood Minggu, 08 Mar 2020 18:00 WIB
makanan astronot Foto: istimewa
Jakarta -

Menjalani profesi sebagai astronot memang tidaklah mudah. Termasuk soal makanan yang sangat jauh berbeda dengan makanan di bumi.

Para astronot harus siap menikmati makanan beku, makanan kaleng, makanan kering hingga menikmati minuman yang merupakan daur ulang dari air kencing. Semua ini dilakukan untuk bertahan hidup di tempat yang jaraknya ribuan kilometer dari bumi.

Dilansir dari Mashed (6/3) kehidupan para astronot di kapal luar angkasa sangatlah tidak mudah. Di lokasi tanpa gravitasi ini, para astronot tidak bisa leluasa menikmati makanan enak yang biasa mereka makan saat di bumi.

Aneka makanan 'aneh' pun terpaksa jadi santapan para astronot untuk tetap bertahan hidup demi menyelesaikan misi tertentu. Sederet makanan aneh pun menjadi asupan para astronot setiap hari. Berikut makanan aneh yang jadi makanan rutin para astronot dari NASA.

1. Garam dan merica cair

5 Makanan Aneh yang Disantap Astronot, Ada Makanan Basah hingga Air KencingFoto: istimewa


Dalam perbekalan makanan di pesawat luar angkasa, para astronot dibekali garam dan merica sebagai penyedap rasa. Tapi jangan bayangkan garam dan merica bubuk yang mereka nikmati, melainkan dalam bentuk cair.

Menaburkan garam dan merica bubur di lokasi 0 gravitasi bukanlah hal mudah. Bubuk bumbu ini akan berhamburan dan beterbangan di dalam kabin pesawat. Oleh karenanya, para astronot hanya menikmati garam dan merica cair.

NASA menyiapkan beberapa botol garam dan merica cair dalam kotak perbekalan makanan. Menurut SBS, garam dilarutkan dalam air dan lada diolah menjadi minyak. Meskipun tampak aneh tapi bumbu ini membantu astronot menikmati makanan enak.

Baca juga : Keren! Penumpang Bisa Cicip Makanan Astronot di Penerbangan Ini


2. Mie instan cup

5 Makanan Aneh yang Disantap Astronot, Ada Makanan Basah hingga Air KencingFoto: istimewa


Mie instan cup untuk para astronot pastinya berbeda dengan mie instan yang biasa kita makan di bumi. Perusahaan mie instan Nissin memproduksi mie khusus untuk para astronot yang ingin menyantap mie di luar angkasa.

Mie ini dirancang khusus sehingga bisa diracik di dalam pesawat. Untuk menyeduh mie juga tidak diperlukan air mendidih. Para astronot menyambut baik kabar ini namun bentuk mie yang bulat dan berbeda, membuat astronot kurang merasakan sensasi seru makan mie.

3. Paket makanan kemasan

5 Makanan Aneh yang Disantap Astronot, Ada Makanan Basah hingga Air KencingFoto: istimewa


Membayangkan menu makan malam astronot pastilah bikin tak nafsu makan. Paket makanan kemasan jadi menu andalan yang disantap para astronot setiap malam.

Menu ini dikenal dengan sebutan 'wet pack' karena dikemas dalam wadah kedap udara untuk mempertahankan kelembabannya. Makanan ini sengaja dibiarkan basah dan lembab agar tidak mudah berantakan dan beterbangan di dalam pesawat.

Menurut NASA, para astronot Apollo 11 menikmati paket yang berisi spageti dengan saus daging, sosis, dan sup ayam. Semua makanan dikemas dalam wadah terpisah.

4. Minum air kencing

5 Makanan Aneh yang Disantap Astronot, Ada Makanan Basah hingga Air KencingFoto: istimewa


Keterbatasan pasokan air di luar angkasa membuat para astronot harus rela menelan air kencingnya sendiri. Eits tapi bukan air kencing mentah ya, air buangan dari tubuh ini lebih dulu diolah dan disaring hingga menjadi air tawar.

Disediakan alat khusus yang biasa digunakan untuk menampung air kencing untuk kemudian diolah kembali. Karena sudah melewati proses penyulingan maka air kencing ini tidak lagi bisa dibedakan. Para astronot menganggap rasa air kencing ini sama dengan rasa air kemasan.

Baca juga : Terdiri Dari 200 Makanan, Menu Sarapan Para Astronot Ini Bikin Ngiler


5. Minum kopi
Astronot yang juga pencinta kopi tidak perlu merasa khawatir karena tetap bisa menikmati kopi meskipun dalam bentuk berbeda. Kopi yang diminum para astronot ini tidak diseduh menggunakan cangkir melainkan dinikmati langsung dari kemasannya.

Kopi bubuk yang ditampung dalam kantung ini harus lebih dulu diseduh. Kopi bisa diseruput lewat lubang kecil yang memudahkan para astronot minum. Kabarnya, para astronot bahkan bisa meminta jenis kopi favoritnya namun tetap harus melewati proses pemeriksaan lebih dulu.



Simak Video "Nastar Klepon, Perpaduan Makanan Jadul dan Kekinian!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)