Keren! Penumpang Bisa Cicip Makanan Astronot di Penerbangan Ini

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Kamis, 05 Jul 2018 11:20 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Kalau bosan menu penerbangan yang itu-itu saja, coba cicip sajian maskapai ini. Makanannya adalah menu untuk astronot yang sedang di luar angkasa.

Maskapai kenamaan Jerman, Luthfansa Airlines menghadirkan sesuatu yang berbeda pada musim panas tahun ini. Dikabarkan News 18 (3/7), menu ini tersedia untuk penumpang kelas bisnis yang melakukan penerbangan panjang dari Jerman.

Rangkaian menunya diciptakan khusus untuk menandai misi ruang angkasa astronot Jerman, Alexander Gerst. Saat ini Gerst sedang berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional selama 6 bulan.

Keren! Penumpang Bisa Cicip Makanan Astronot di Penerbangan IniFoto: iStock

Baca Juga: Astronot di Luar Angkasa Akan Merasakan Makanan yang Lebih Enak dan Bervariasi

Luthfansa melalui grup katering dan hospitality, LSG, membuat makan malam yang meniru menu 'makanan bonus' Gerst. Menu ini sengaja dibuat untuk dimakan astronot pada saat-saat tertentu guna mengembalikan semangatnya yang jauh dari rumah.

Beberapa diantaranya adalah makanan dari asalnya, Swabia di barat daya Jerman. Ada cheese spaetzle atau mac and cheese gaya Jerman yang dibuat dengan bacon. Uniknya menu ini disajikan dalam kaleng, persis untuk penyajian bagi astronot. Ada juga ragout ayam dengan tambahan jamur.

Keren! Penumpang Bisa Cicip Makanan Astronot di Penerbangan IniFoto: Istimewa

Menu-menu astronot ini dirancang rendah sodium dan bisa bertahan hingga 2 tahun lamanya. Untuk astronot Prancis, Thomas Pesquet yang menjalani misi luar angkasa 2016-2017, ia disuguhkan makanan buatan chef Prancis Alain Ducasse dan Thierry Marx.

Menunya mewah dan enak seperti lidah sapi dengan foie gras bertabur jamur truffle. Juga duck confit yang biasanya disajikan saat Natal.

Sementara itu, chef ternama Inggris Heston Blumenthal pernah mengembangkan menu untuk astronot Tim Peake. Menu itu dibuat saat Peake jalani misi luar angkasa tahun 2016.

Baca Juga: Nyamm! Astronot di Luar Angkasa Mendapat Kiriman Es Krim hingga Pizza

(adr/odi)