Gara-gara Milk Tea hingga Hot Pot, 5 Orang Ini Dirawat di Rumah Sakit

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 11 Jun 2020 18:00 WIB
Hot pot sebarkan virus corona Foto: iStock

2. Makan Hot Pot, Satu Keluarga Kena Corona

Virus Corona masih jadi momok yang menakutkan hingga saat ini. Pasalnya virus tersebut telah menyerang jutaan jiwa di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Segala upaya pun terus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut, mulai dari social distancing, lockdown, dan lainnya.

Awal Februari lalu saat COVID-19 baru merebak, satu keluarga dinyatakan positif terserang setelah menyantap hot pot bersama-sama. Keluarga tersebut berada di Hong Kong dan saat itu makan hot pot serta BBQ di restoran bernama Kwun Tong. Setelah makan bersama keluarga tersebut, satu orang pria dalam keluarga kabarnya terinfeksi virus corona.

Pria tersebut merasakan gejala seperti demam dan batuk, namun demamnya tersebut tak kunjung turun hingga akhirnya ia pergi ke Rumah Sakit Ruttonjee untuk melakukan perawatan yang lebih intensif. Selang beberapa hari, pria tersebut akhirnya dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Tak hanya pria tersebut, 8 orang anggota lainnya pun bernasib sama dengan dirinya.

Baca Juga: Duh! 9 Anggota Keluarga Ini Terinfeksi Virus Corona Setelah Makan Hot Pot & BBQ Bareng

3. Tersedak Mochi Hingga Meninggal Dunia

kasus tersedak mochiFoto: iStock

Mochi merupakan camilan khas Jepang yang teksturnya kenyal serta lengket. Mochi jadi camilan tradisional yang juga biasa disantap saat perayaan tahun baru mochitsuki. Di balik teksturnya yang kenyal dengan rasa manis enak, mochi menjadi salah satu makanan berbahaya dari Jepang.

Ini karena kasus beberapa orang yang tersedak mochi dan dilarikan ke rumah sakit, bahkan ada yang sampai meninggal dunia. Dilansir dari beberapa sumber, kasus tersebut sering terjadi setelah perayaan tahun baru Jepang.

Tahun ini setidaknya ada 15 orang yang dilarikan ke rumah sakit Tokyo karena tersedak mochi. Menurut hasil investigasi, 15 orang yang berada di rumah sakit tersebut berusia sekitar 68 tahun hingga 96 tahun. Pria berusia 80 tahunan akhirnya meninggal dunia setelah menyantap mochi, ia dikabarkan mengalami serangan jantuk setelah tersedak mochi yang dimasak dalam kaldu sayuran (ozoni).

Baca Juga: Terjadi Lagi, Kematian Akibat Tersedak Mochi Saat Tahun Baru

Selanjutnya
Halaman
1 2 3