Terjadi Lagi, Kematian Akibat Tersedak Mochi Saat Tahun Baru

Yenny Mustika Sari - detikFood Kamis, 09 Jan 2020 19:30 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Kue asal Jepang bernama mochi ini memiliki tekstur kenyal dan lengket. Saat dimakan bukan tidak mungkin menyebabkan kematian seperti kasus tersedak mochi ini.

Mochi adalah salah satu kue tradisional populer dari Jepang. Kue mungil ini terbuat dari beras ketan yang ditumbuk sampai menjadi tepung, lalu tepungnya dibuat menjadi adonan berbentuk bulat dan dinamakan sebagai mochi.

Hidangan lengket ini disajikan dengan cara dipanggang ataupun direbus. Mochi paling tradisional biasanya disajikan dengan bubuk kacang tanah di atasnya. Mochi juga kerap disantap saat perayaan tradisional mochitsuki atau perayaan tahun baru Jepang.

Terjadi Lagi, Kematian Akibat Tersedak Mochi Saat Tahun BaruFoto: iStock

Di balik teksturnya yang kenyal dengan rasa manis enak, mochi menjadi salah satu makanan berbahaya dari Jepang. Karena ada beberapa kasus tersedak mochi yang membahayakan nyawa.

Dilansir dari Japan Today (03/0), kasus tersebut sering terjadi setelah perayaan tahun baru Jepang. Tahun ini setidaknya ada 15 orang yang dilarikan ke rumah sakit yang ada di Tokyo karena tersedak mochi. Menurut hasil investigasi, 15 orang yang berada di rumah sakit tersebut berusia sekitar 68 tahun hingga 96 tahun.

Baca Juga: Toko Mochi Berusia 117 Tahun Ini Kebanjiran Order Setiap Tahun Baru

Salah satu dari mereka adalah seorang pria berusia 80 tahunan yang kemudian meninggal setelah menyantap mochi. Dilaporkan pria tersebut mengalami serangan jantung setelah tersedak mochi yang dimasak dalam kaldu sayuran (ozoni) di rumahnya yang terletak di kawasan Adachi Ward.

Bahkan ada kasus tersedak mochi terkenal yang terjadi pada tahun 2001, dimana seorang wanita bermaksud menyelamatkan nyawa ayahnya menggunakan penyedot debu untuk mengambil mochi yang tersangkut pada tenggorokannya. Saat itu ayahnya berusia 70 tahunan.

Setelah kejadian yang mebahayakan tersebut, setiap tahunnya Departemen Pemadam Kebakaran di Tokyo menyarankan orang tua untuk memotong mochi menjadi beberapa potongan kecil jika ingin menyantapnya. Ini dilakukan agar anak kecil dan orang tua lebih berhati-hati saat menyantapnya.

Terjadi Lagi, Kematian Akibat Tersedak Mochi Saat Tahun BaruFoto: iStock

Walaupun dianggap sebagai makanan berbahaya karena bisa membuat tersedak, mochi masih digemari. Kini mochi memiliki beragam variasi baru, diantaranya diisi dengan es krim, cokelat, dan juga buah segar seperti stroberi.

Baca Juga: Nyam! Mochi Ice Cream Enak Ini Bisa Dibuat Sendiri

Simak Video "Toring, Soto Khas Klaten Anti Becek"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/yms)