Toko Mochi Berusia 117 Tahun Ini Kebanjiran Order Setiap Tahun Baru

Devi Setya - detikFood Senin, 30 Des 2019 13:00 WIB
Foto: istimewa
Jakarta - Banyak tradisi yang dilakukan menjelang tahun baru. Masyarakat Jepang yang punya kebiasaan makan mochi. Pesanan mochi di toko legendaris pun membludak.

Orang Jepang punya tradisi unik untuk menyambut tahun baru, mereka punya kebiasaan makan mochi bersama keluarga. Tradisi ini sudah dilakukan secara turun temurun sejak ratusan tahun lalu.

Tak heran kalau produsen mochi selalu kebanjiran order ketika menjelang tahun baru. Salah satunya toko mochi Jepang tertua di Little Tokyo, Los Angeles. Dilansir dari ABC7 (30/12) toko mochi berusia 117 tahun ini kewalahan memenuhi pesanan jelang tahun baru 2020.
Toko Mochi Berusia 117 Tahun Ini Kebanjiran Order Setiap Tahun Baru Foto: istimewa

Baca juga : Mochi Masih Jadi Makanan Tahun Baru Nomor 1 di Jepang yang Mematikan

Brian Kito, pemilik toko mochi Fugetsu-do mengatakan harus bekerja sepanjang waktu demi memenuhi pesanan mochi. Akhir tahun adalah masa paling sibuk di pabrik mochi ini.

Brian adalah generasi ke-tiga yang menjadi penanggung jawab di toko mochi ini. Usaha ini awalnya dijalankan oleh kakek Brian yang membuka toko pada tahun 1903. Kepemilikan toko dilanjutkan dari generasi ke generasi.

Tahun 1986 toko ini diwariskan kepada Brian yang dipercaya melanjutkan bisnis keluarga ini. Selanjutnya, anak dari Brian sudah bersiap diri untuk mengambil alih tongkat estafet usaha mochi suatu hari nanti.

Masa saat Natal dan Tahun Baru bagi Brian adalah masa ketika tenaganya diperas. Ia dan seluruh karyawan di toko mochi bekerja sepanjang hari tanpa henti. Toko mochi Fugetsu-do ini bukan hanya toko mochi tertua melainkan juga toko mochi terbesar.

Pada penghujung bulan Desember, setidaknya toko ini menghasilkan 30.000 pound (13 ribu kilogram) mochi pesanan pelanggan.

"Ini sangat terburu-buru, kami bekerja tanpa henti mencoba memenuhi pesanan. Banyak yang kurang tidur," kata Korey Kito, anak dari Brian.

Kebanyakan pelanggan di toko mochi ini adalah orang-orang tua yang ingin bernostalgia dengan rasa mochi klasik. Tak jarang banyak anak muda yang datang didampingi kakek dan nenek mereka.

"Ini bukan hanya toko mochi, tetapi juga bisa menciptakan kenangan yang manis dari kakek, nenek. Dan ini sudah berlangsung selama 117 tahun," tambah Brian.
Toko Mochi Berusia 117 Tahun Ini Kebanjiran Order Setiap Tahun Baru Foto: istimewa

Baca juga : Lembut Manis, Mochi dengan Ragam Isian Untuk Ngemil Sore

Mochi jadi salah satu makanan yang wajib disantap masyarakat Jepang saat tahun baru. Zaman dahulu orang Jepang membuat mochi secara bersama-sama sebagai lambang kebersamaan. Mochi juga kerap dijadikan makanan pengganti nasi selama tahun baru.

Mochi juga kerap dijadikan hiasan yang dikenal sebagai 'Kagami Mochi'. Orang Jepang percaya kalau kagami mochi adalah arwah Dewa Padi dan Dewa Pemberi Umur. Dengan ini orang Jepang berharap semoga di tahun yang baru akan membawa kemakmuran dan umur panjang.

Simak Video "Yuk, Intip Cara Bikin Kue Mochi ala Jogja!"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)