4 Orang Keracunan Setelah Makan 24 Tiram, Bolak-balik Toilet 20 Kali

Lusiana Mustinda - detikFood Selasa, 23 Apr 2019 20:00 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Selain enak, tiram punya khasiat kesehatan. Namun tak disarankan dikonsumsi mentah karena banyak kasus keracunan. Laporan terbaru, 4 pria yang alami keracunan.

Menurut China Press, keempat pasien yang alami keracunan makanan semuanya adalah pelatih gym dari Shenzhen China. Mereka makan ke restoran seafood sepulang kerja dan memesan sepiring lobster dan 24 tiram bakar untuk makan malam. Keesokan harinya, mereka berempat alami sakit perut dan diare.

4 Orang Keracunan Setelah Makan 24 Tiram, Bolak-balik Toilet 20 KaliFoto: iStock

Dokter yang bertugas di Unit Gawat Darurat memeriksanya dan langsung tahu kalau mereka keracunan makanan. Gejala yang muncul adalah sakit perut, diare, muntah dan demam. Bahkan satu orang dari mereka bolak-balik ke toilet 20 kali hanya dalam kurun waktu tiga jam. Dia pun alami dehidrasi bahkan sampai tidak bisa berdiri.

Baca juga: Cegah Keracunan Makanan dengan Menghindari 8 Makanan Ini

Pihak rumah sakit memiliki alasan mengapa langsung menyebut ini adalah penyakit yang disebabkan oleh Norovirus. Norovirus adalah virus yang menular dan dapat menyebabkan muntah dan diare mendadak. Bisa saja tiram didapatkan dari laut yang terkena limbah air yang kotor seperti tercemar saluran air dari toilet yang berada di pinggir pantai.

4 Orang Keracunan Setelah Makan 24 Tiram, Bolak-balik Toilet 20 KaliFoto: iStock

Karena sifatnya menyaring air laut untuk mendapatkan makanan. Ada kemungkinan besar bahwa partikel virus dapat terakumulasi dalam tubuh kerang. Sehingga tidak disarankan mengonsumsi kerang mentah dan setengah matang.

Baca juga: Konsumsi Tiram Mentah Jadi Pengobatan Alternatif Depresi (lus/odi)