Tak Habis Diminum, Sisa Seduhan Kopi Bisa Dimanfaatkan Untuk 5 Hal Ini

Riska Fitria - detikFood Selasa, 09 Jun 2020 18:30 WIB
Manfaat sisa seduhan kopi Manfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock
Jakarta -

Banyak orang yang membuang sia-sia sisa seduhan kopi begitu saja. Padahal sisa seduhan kopi itu dapat bermanfaat untuk keperluan sehari-hari.

Minum kopi di pagi hari jadi kebiasaan banyak orang. Seringkali kopi yang diseduh dalam jumlah banyak dalam teko pemanas tak habis diminum. Sisa air kopi yang dipanaskan terlalu lama atau sudah dingin tak enak lagi diminum. Beberapa orang menyebut sebagai kopi basi.

Daripada dibuang, sisa air kopi ini bisa bermanfaat untuk tanaman hingga perawatan rambut. Sebagai bahan alami yang kaya manfaat. Seperti yang diungkap oleh para pakar di Coffee Direct yang dilansir dari Metro (05/06)

1. Perawatan Rambut

Manfaat sisa seduhan kopiManfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

Untuk membuat rambut berkilau kamu bisa menggunakan sisa seduhan kopi. Coffee Direct mengatakan bahwa kafein yang terkandung di dalam kopi sangat bagus untuk rambut, seperti dapat menumbuhkan rambut, membuat rambut berkilau hingga menyehatkan kulit kepala.

Caranya sangat mudah. Setelah keramas, baru tuangkan sisa seduhan kopi tersebut ke kepala. Kemudian gunakan topi mandi dan diamkan selama setengah jam.

Lalu, bilas dengan menggunakan air hangat. Direct Coffee menganjurkan untuk mendapat hasil yang maksimal, bisa dilakukan seminggu sekali. Dengan itu, rambut kamu akan lebih tebal dan halus.

2. Pupuk Tanaman

Manfaat sisa seduhan kopiManfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

Selain untuk bagus untuk pertumbuhan rambut, sisa seduhan kopi juga bagus untuk pertumbuhan tanaman. Coffee Direct menyebut bahwa sisa kopi kopi yang encer dapat bermanfaat untuk kesehatan tanaman.

"Saat diseduh, kopi hitam mengandung kalium dan magnesium, kopi ini bertindak sebagai nutrisi bagi tanaman yang memungkinkan batangnya lebih kuat dan lebih hijau," ujar Coffee Direct.

Untuk menggunakan sisa seduhan kopi sebagai pupuk caranya adalah dengan mengencerkan kopi hitam yang diseduh sehingga menjadi rasio 1:4 (kopi:air). Tuangkan kopi tersebut sekali dalam seminggu. Pastikan untuk tidak mencampur dengan pemanis agar tidak mengundang hama.

Baca Juga : Konsumsi Kopi Tanpa Gula, Ini 9 Manfaatnya

3. Membesihkan Noda Kayu

Manfaat sisa seduhan kopiManfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

Kamu juga dapat memanfaatkan sisa seduhan kopi untuk membersihkan noda pada barang-barang furniture yang berbahan kayu. Coffee Direct mengatakan bahwa kopi bahkan dapat memberikan warna karamel yang indah pada kayu.

"Kopi bereaksi dengan tanin dalam kayu untuk membantu mengurangi noda hitam dan memberi warna kayu yang seragam," ujar Coffee Direct.

Cara mengaplikasikannya juga mudah, yaitu amplas permukaan kayu dan gunakan lap untuk melapisi sisa seduhan kopi pada kayu secara merata. Jika kamu menginginkan warna yang lebih gelap, maka kamu membutuhkan lebih banyak kopi.

4. Dekorasi Rumah

Manfaat sisa seduhan kopiManfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

Untuk memanfaatkan kopi sebagai dekorasi rumah yang kamu butuhkan adalah bijinya, bukan kopi yang diseduh. Menurut Coffee Direct, biji kopi tua sangat indah jika dimanfaatkan sebagai dekorasi rumah.

"Kumpulkan variasi biji kopi yang terang dan gelap ke dalam vas-vas kaca yang bening, periksa dulu apakah biji kopi itu memiliki aroma yang baik ketika dikombinasikan," tutur Coffee Direct.

Setelah memasukkan ke dalam vas kaca, lalu atur dengan cantik bunga-bunga ke dalam vas. Biji kopi pada vas akan membuat batang bunga menjadi tegak. Jika kamu tidak punya cukup banyak biji kopi, kamu bisa menambahkan dengan batu-batuan lainnya, manik-manik atau kelopak bunga kering.

5. Pengusir Hama Alami

Manfaat sisa seduhan kopiManfaat sisa seduhan kopi Foto: iStock

Aroma pada kopi ternyata ampuh sebagai pengusir hama alami. Hal tersebut juga disampaikan oleh Coffee Direct. Hama seperti nyamuk, semut, siput, kecoak dan jenis hama pengganggu lainnya.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan bubuk kopi dalam mangkuk. Taruh mangkuk berisikan kopi di sudut-sudut rumah. Coffee Direct merekomendasikan untuk menggunakan kopi yang baru ditumbuk.

Itu karena aroma kopinya akan bertahap lebih lama. Coffee Direct juga menyebut, "Kamu juga dapat memasukkan bubuk kopi ini ke dalam sampo hewan peliharaan untuk mencegah adanya kutu,".

Baca Juga : Macam-Macam Kopi yang Harus Kamu Tahu, Agar Tak Salah Pesan!



Simak Video "Minum Kopi Bisa Bantu Turunkan Berat Badan?"
[Gambas:Video 20detik]
(raf/odi)