Macam-Macam Kopi yang Harus Kamu Tahu, Agar Tak Salah Pesan!

Tri Suharyati - detikFood Rabu, 26 Feb 2020 06:30 WIB
kopi panas dan kopi dingin Macam-macam kopi. Foto: iStock
Jakarta -

Bagi kamu pecinta kopi atau yang ingin mencoba menjadi penikmatnya, ada baiknya mengenal macam-macam kopi. Mengenal macam-macam kopi akan membuatmu lebih mudah memesan kopi sesuai dengan selera.

Setiap negara memiliki jenis kopi yang tentunya berbeda rasa dengan kopi dari negara atau daerah lain . Hal ini dipengaruhi oleh tanah dan ketinggian tempat kopi ditanam.

Selain itu, perlu kamu tahu bahwa Ada dua jenis kopi, yakni arabika dan robusta. Cara membedakannya cukup mudah, bisa dilihat dari bentuk biji kopinya. Arabika memiliki bentuk biji sedikit memanjang agak pipih dan ukurannya agak besar. Sedangkan robusta lebih bulat dan terlihat padat serta ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan kopi arabika.

Macam-macam Minuman Kopi

Saat sedang di kedai kopi, kamu pasti akan kebingungan untuk memesan kopi jenis apa, agar tidak salah pesan berikut macam-macam minuman kopi yang bisa kamu coba.

1. Espresso

Macam-macam kopi.Macam-macam kopi. Foto: iStock

Jenis kopi ini akan sering kamu temui jika sedang berada di kedai kopi. Kopi ini merupakan kopi hitam yang aromanya sangat kuat dan pekat. Kopi ini dihasilkan dari ekstrak biji kopi yang telah digiling. Secangkir espresso ini bisa kamu nikmati dengan menekan bubuk kopinya di dalam portafilter.

Espresso juga disebut dengan 'shot' karena penyajiannya murni dari seduhan kopi giling dan air yang mendidih tanpa ada tambahan susu, pemanis ataupun krimer.

2. Americano

Macam-macam kopi.Macam-macam kopi. Foto: Istimewa

Kopi ini merupakan campuran dari kopi espresso yang ditambahkan dengan air panas lagi. Awal mula terbentuk kopi Americano adalah saat warga Amerika ingin menikmati espresso yang tidak terlalu kental dan pekat sehingga mereka menambahkan air panas ke dalam espresso. Rasanya tetap pahit tanpa ada tambahan gila dan krimer.

3. Cappucino

Macam-macam kopi.Macam-macam kopi. Foto: Maya Safira/Detikfood

Untuk kamu yang tidak terlalu suka dengan kopi yang terlalu pahit dan kental, kamu bisa mencoba kopi jenis ini. Cappucino merupakan campuran antara espresso, susu dan busa susu. Tekstur yang dimiliki cappucino ini juga halus dan memiliki rasa sedikit manis.

4. Latte

Macam-macam kopi.Macam-macam kopi. Foto: iStock

Perlu diingat jika latte dengan cappucino itu jenis kopi yang berbeda. Komposisi kopi dan susu pada latte yaitu 3:1 dan lapisan busa susunya pun lebih tipis. Cocok untuk kamu yang ingin mencoba kopi dengan rasa yang manis.

5. Moccachino

Macam-macam kopi.Macam-macam kopi. Foto: iStock

Moccachino merupakan jenis kopi campuran espresso, susu dan coklat. Penambahan coklat pada kopi ini membuat kopi lebih manis dan nikmat. Untuk menambah kenikmatan pada kopi Moccachino kamu juga bisa menambahkan whipped cream dan marshmellow.

6. Red Eye/ Black Eye

Macam-macam kopi.Macam-macam kopi. Foto: iStock

Sudah terlihat dari namanya, jenis kopi ini adalah campuran dari espresso dengan kopi hitam. Rasanya yang sangat pahit ini membuat yang minum jadi lebih melek dan segar.

7. Affogatto

Jenis kopi ini juga sering berada di menu kedai kopi. Untuk menikmati kopi affogatto ini kamu akan diberikan es krim dan satu shot espresso, lalu espresso dituangkan ke atas es krim. Dengan begitu kamu akan merasakan rasa pahitnya espresso dan manisnya es krim yang nikmat.

Selain Kopi yang berasal dari mancanegara, Indonesia juga memiliki macam-macam kopi yang tidak kalah nikmatnya yang wajib kamu coba.

Aneka macam jenis kopi Nusantara:

1. Kopi Gayo Aceh

Jenis kopi.Jenis kopi. Foto: Istimewa

Saat kamu berada di kedai kopi, kamu akan melihat kopi ini pada buku menu. Salah satu kopi yang berasal dari Aceh dan hanya tumbuh di dataran tinggi. Rasa Kopi Gayo Aceh ini unik, enak dan tidak terlalu pahit baunya pun harum, ini menjadikan Kopi Gayo Aceh kopi terbaik di Indonesia.

2. Kopi Toraja

Jenis kopi.Jenis kopi. Foto: Istimewa

Kopi Toraja berasa dari Sulawesi Selatan. Kopi Toraja juga dianggap sebagai minuman premium. Jenis kopi ini memiliki rasa yang khas karena memiliki sentuhan kayu manis dan kapulaga.

3. Kopi Papua Wamena

Jenis kopi.Jenis kopi. Foto: dokdetikFood

Papua juga memiliki jenis kopi yang memiliki rasa asam yang sedang dengan aroma coklat dan floral. Istimewanya kopi lokal Indonesia jenis ini ditanam dengan cara yang masih tradisional dan tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida.

4. Kopi Kintamani Bali

Jenis kopi.Jenis kopi. Foto: Nicky Loh/Getty Images

Jenis kopi ini biasa menjadi incaran para pecinta kopi. Ciri khas kopi Kintamani Bali ini mempunyai rasa yang pahit sekaligus bercita rasa jeruk, Ini dihasilkan karena petani kopi di Kintamani bertetangga dengan kebun jeruk sehingga ada aftertaste segar dari kopi Kintamani. Kopi jenis ini juga sudah berada di negara Eropa, Prancis dan Jepang.

5. Kopi Kothok

Jenis kopi.Jenis kopi. Foto: Chaidir Anwar Tanjung/dok. detikcom

Ingin mencoba kopi dengan rasa tradisional? Kopi jenis ini wajib kamu coba. Kopi kothok merupakan tumbukan biji kopi yang diseduh bersama gula dan air di dalam teko, sehingga rasa yang dihasilkan lebih pekat memiliki ciri khas yang unik dan nikmat. Untuk menikmati kopi kothok ini bisa kamu temui di kedai kopi tradisional.

6. Kopi Luwak

Jenis kopi.Jenis kopi. Foto: Eko Susanto/detikcom

Siapa yang tak kenal dengan jenis kopi ini? Kopi yang memiliki rasa yang khas dan keasaman yang pas menjadikannya kopi termahal yang dimiliki Indonesia. Kopi yang dihasilkan dari kotoran luwak (Musang) ini menjadi incaran pecinta kopi. Prosesnya yang membuat kopi ini mahal. Kopi luwak terbaik adalah biji kopi yang dimakan oleh luwak liar dan dikeluarkan dalam bentuk kotoran lalu di olah.



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)