Kuliner New Normal

Bisa Ditiru! 5 Negara Ini Sudah Terapkan Protokol 'New Normal' di Restoran

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 03 Jun 2020 21:00 WIB
Protokol New Normal di Beberapa Negara Foto: Istimewa
Jakarta -

Protokol new normal di restoran ternyata sudah berlaku di beberapa negara. Beberapa hal yang penting bisa dicontek di Indonesia.

New Normal akan diberlakukan di beberapa sektor untuk mendukung kembalinya hidup normal banyak orang dalam menjalani aktivitas. Protokol new normal ini digaungkan Presiden Joko Widodo yang meminta rakyatnya untuk kembali beraktivitas seperti biasa namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Seperti mengenakan masker atau pelindung wajah dan mulut, mencuci tangan secara rutin, hingga mengenakan sarung tangan.

Sektor kuliner seperti usaha restoran pun jadi salah satu yang harus menerapkan protokol new normal. Hal ini agar semuanya kembali seperti semula dan pihak restoran atau usaha kuliner lainnya tak lagi merugi. Tak hanya menyediakan hand sanitizer atau masker saja, ada banyak lagi protokol yang bisa diterapkan.

Beberapa negara sudah banyak yang menerapkan protokol tersebut. Diantaranya China, Taiwan, Korea Selatan, hingga Amerika. Protokol yang diberlakukan oleh mereka sebaiknya dicontoh oleh restoran-restoran yang ada di Indonesia agar semuanya kembali beraktivitas dengan normal.

Berikut 5 protokol new normal restoran yang telah diterapkan negara lain menurut beberapa sumber.

Baca Juga: Resto AYCE di Indonesia Bisa Tiru 5 Hal Ini untuk Protokol 'New Normal'

1. China

Protokol New Normal di Beberapa NegaraProtokol New Normal di Beberapa Negara Foto: Istimewa

China merupakan negara yang pertama kali terserang COVID-19. Negara ini jugalah yang disebut-sebut sebagai dalang dari penyebaran virus yang membahayakan nyawa jutaan orang di seluruh dunia. Namun kini negara tersebut telah dinyatakan bebas dari Corona sejak beberapa bulan lalu.

Karena telah pulih dari COVID-19 lebih dulu, China kini sedang berbenah untuk kembali hidup normal. Mereka menerapkan protokol new normal di berbagai sektor, salah satunya restoran. Seperti yang dilakukan oleh salah satu restoran hot pot yang ada di Shanghai, China berikut ini. Mereka menyediakan body sanitizer.

Body sanitizer tersebut akan memberikan proteksi lebih daripada hand sanitizer. Alat yang digunakan cukup canggih, bentuknya seperti kotak berukuran satu badan orang dewasa. Lalu alat tersebut akan mengeluarkan cairan yang mereka semprotkan ke tangan dan tubuh para pelanggan. Restoran tersebut juga membersihkan alat makan seperti sendok, sumpit, mangkuk menggunakan air panas di depan para pelanggan langsung.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3