Kuliner New Normal

Canggih! Kafe Ini Pekerjakan Robot Barista untuk Layani Pelanggan

Yenny Mustika Sari - detikFood Rabu, 27 Mei 2020 18:00 WIB
robot di kafe korea selatan Foto: Reuters / Kim Hong-Ji
Jakarta -

Kafe di Korea menggunakan robot barista untuk layani pelanggan. Seperti menyajikan minuman hingga mengantarnya ke pelanggan.

Korea Selatan jadi salah satu negara yang kini telah kembali pulih dari pandemi COVID-19. Warganya sudah bisa bebas bepergian, bahkan menikmati makanan di restoran maupun kafe.

robot di kafe korea selatanrobot di kafe korea selatan Foto: Reuters / Kim Hong-Ji

Walau dikatakan bebas, masih banyak restoran dan kafe yang menerapkan sistem social distancing. Mereka tidak diharuskan duduk berjauhan, namun para pelayan menggunakan masker dan kelengkapan kesehatan lainnya.

Baca Juga: Trik Restoran di Dunia yang Mulai Beroperasi dengan Sistem 'New Normal'

Dilansir dari Reuters (25/5), sebuah kafe di Korea Selatan tepatnya di kawasan Daejeon menerapkan social distancing dengan unik. Mereka menggunakan robot untuk membuat minuman sehingga mengurangi jumlah barista yang bertugas di dalam kafe.

robot di kafe korea selatanrobot di kafe korea selatan Foto: Reuters / Kim Hong-Ji

Ada juga robot yang disiapkan untuk mengantarkan minuman kepada para pelanggan. Robot tersebut nantinya akan menjelaskan pesanan pelanggan.

Robot pengantar minuman tersebut dapat membawa sebanyak 6 minuman dalam satu kali jalan. Jadi sangat praktis karena menggunakan teknologi canggih.

Robot yang digunakan pada kafe tersebut bisa jadi solusi yang baik untuk pelayanan di kafe terkait social distancing. Namun para pelanggan mengkhawatirkan jumlah karyawan menjadi berkurang karena adanya robot .

robot di kafe korea selatanrobot di kafe korea selatan Foto: Reuters / Kim Hong-Ji

"Robot ada di kafe menyenangkan dan lebih mudah karena kamu tidak perlu mengambil pesanan ke kasir," ungkap Lee Chae-mi (23) seorang mahasiswa yang jadi pelanggan kafe tersebut. Ia juga melanjutkan, "Tapi aku sedikit khawatir dengan pekerjaan di sana karena akan mengurangi jumlah pekerja part time, temanku juga banyak yang bekerja part time."

Baca Juga: Terapkan 'Social Distancing', Kafe Ini Lempar Kopi dan Kue ke Pengunjung



Simak Video "Undur-undur Crispy, Kuliner Yogyakarta yang Enak dan Menyehatkan"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)