Lebaran di Rumah Aja

Agar Rendang Tak Cepat Basi, Perhatikan 5 Hal Penting Ini

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 21 Mei 2020 12:00 WIB
- Foto: Istimewa
FOKUS BERITA Lebaran di Rumah Aja
Jakarta -

Agar rendang tetap awet dan tak cepat basi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dari pemilihan bahan hingga cara menyimpannya.

Rendang merupakan salah satu makanan terenak di dunia. Jadi sajian wajib saat ada acara penting terutama hari raya Idul Fitri. Hampir setiap rumah punya resep rendang andalan dan menyajikan sajian khas Minang ini sebagai lauk ketupat lebaran. Mungkin Anda akan membuat rendang untuk lebaran. Agar tak cepat basi dan tetap enak walaupun disimpan beberapa hari, ada beberapa hal yang penting diperhatikan.

Menurut Uda Dian Anugrah, ahli kuliner Minang yang tinggal di Padang ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat rendang agar tak mudah basi. Dari pemilihan bahan, proses memasaknya hingga penyimpanannya.

Baca juga: Ini 5 Tips Masak Rendang Anti Gagal dari Ahli Rendang

1. Penggunaan Santan

-- Foto: Istimewa

Agar rendang awet dan tahan lama yang perlu diperhatikan adalah penggunaan santan ketika memasak rendang. Menurut Uda Dian yang terkenal dengan produk 'Rendang Minang' nya, santan memegang peranan penting.

"Gunakan santan dari kelapa tua untuk mendapatkan hasil dan rasa rendang yang terbaik. Selain aromanya harum, kelapa tua itu mengandung minyak yang dibutuhkan saat memasak rendang," jelas Uda Dian ketika dihubungi detikFood (20/05).

Menurutnya kualitas santan dari kelapa tua membuat rendang lebih harum dan mengawetkan rendang itu sendiri. Minyak kelapa pada bumbu rendang berfungsi sebagai pengawet. Sebaliknya rendang yang menggunakan santan instan memiliki masa penyimpanan yang lebih singkat.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4
FOKUS BERITA Lebaran di Rumah Aja
FOKUS BERITA Lebaran di Rumah Aja