Lebaran di Rumah Aja

5 Sambal Nusantara untuk Pelengkap Menu Lebaran

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 18 Mei 2020 19:00 WIB
Sambal nusantara Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Sambal nusantara ada banyak jenisnya dengan kenikmatan masing-masing. Dari sambal bawang hingga sambal matah, cocok jadi pelengkap menu lebaran.

Bagi orang Indonesia, makan kurang nikmat tanpa sambal. Tak terkecuali saat menikmati menu lebaran seperti ketupat atau lontong, opor ayam, rendang, sampai sambal goreng ati. Belum lagi tambahan menu lebaran lain yang jadi ciri khas di tiap rumah.

Kalau belum tahu mau masak sambal apa, 5 rekomendasi sambal nusantara detikFood berikut bisa jadi pilihan. Tentu disertai resep yang bisa Anda contek untuk membuatnya.

1. Sambal goreng

Sambal nusantaraSambal nusantara Foto: dok. detikFood

Sambal goreng cocok jadi pelengkap ketupat plus opor atau ayam goreng yang kerap tersaji sebagai menu lebaran. Resep sambal nusantara ini hanya memakai 5 bahan utama. Ada cabai merah keriting, cabai rawit merah, tomat merah, terasi, dan garam.

Pastikan memilih cabai yang segar dan mulus permukaannya. Kemudian goreng bahan-bahan sambal agar ada aroma dan rasa nikmat. Terakhir, haluskan bahan sambal goreng dengan ulekan di atas cobek. Resep lengkapnya bisa dilihat di bawah ini.

Baca Juga: Resep Sambal Goreng Praktis untuk Jodoh Ayam dan Ikan Goreng

2. Sambal bawang

Sambal bawangSambal bawang Foto: iStock

Sambal nusantara ini juga cocok dimakan dengan beragam lauk tradisional. Ada sambal bawang yang tak kalah nikmat karena dipadukan bawang merah dan bawang putih. Disandingkan dengan lontong, ketupat, atau nasi hangat, sambal ini terasa nikmat.

Untuk membuatnya, siapkan cabai merah, cabai rawit, tomat, bawang putih, bawang merah, garam, dan gula merah secukupnya. Goreng cabai, bawang, dan tomat hingga harum. Kemudian haluskan dengan tambahan garam dan gula merah. Sambal ini juga cocok dilumuri langsung di lauk seperti pada ayam geprek.

Baca Juga: Resep Ayam Geprek Renyah dengan Paduan Sambal Bawang hingga Matah

3. Sambal terasi mentah

Sambal nusantaraSambal nusantara Foto: dok. detikFood

Sambal terasi mentah juga jadi favorit untuk jodoh aneka olahan ayam, ikan goreng, petai dan jengkol, tahu tempe, sampai sekadar lalapan. Membuat sambal terasi mentah enaknya dadakan alias sesaat sebelum makan.

Resep sambal terasi mentah yang terkenal disebut sambal 'Mboksiyah'. Diracik dari lombok (cabai), terasi, dan uyah (garam). Untuk terasi, pilihlah yang kualitasnya bagus. Bisa pakai terasi Lombok, Bangka, atau Sidoarjo.

Baca Juga: Resep Sambal 'Mboksiyah', Sambal Mentah dengan Terasi Nikmat

4. Sambal bajak

Sambal nusantaraSambal nusantara Foto: dok. detikFood

Sambal bajak adalah varian sambal goreng yang harum dengan tambahan daun jeruk. Sambal ini enak dipadukan dengan aneka lauk goreng, termasuk empal. Sifatnya juga tahan lama sehingga bisa disimpan beberapa hari.

Sambal bajak dibuat dari cabai rawit merah dan daun jeruk purut muda sebagai bahan utamanya. Ada juga paduan bawang merah, bawang putih, garam, dan gula merah. Yuk, intip resep membuat sambal bajak berikut!

Baca Juga: Sambal Bajak Spesial

5. Sambal matah

Sambal Matah, a popular salsa condiment of chopped chili peppers with lemon grass and shallots from Bali. The condiment is plated on old-fashioned crockery with red flowers paintings. It is served together with other popular spicy condiments from several other regions in Indonesia.Sambal matah Foto: iStock

Satu lagi sambal nusantara yang bisa jadi pilihan kamu untuk lengkapi menu lebaran. Sambal matah bisa dibilang varian sambal paling segar dengan bahan-bahan yang renyah teksturnya.

Sambal khas Bali ini bisa jadi alternatif untuk Anda yang menghindari sambal goreng atau terasi. Sambal matah jadi jodoh pas untuk olahan seafood yang kerap tersaji sebagai menu lebaran di beberapa rumah. Tertarik membuat? Resep sambal matah di bawah ini bisa dicontek.

Baca Juga: Resep Sambal Matah Ini Cocok Jadi Teman Makan Seafood



Simak Video "Bikin Ngiler! Mie Sarden Keju, Cocok untuk Berbuka"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)
d'Mentor
×
Trik Dapur Ngebul Hendy Setiono
Trik 'Dapur' Ngebul Hendy Setiono Selengkapnya