Sudah Ada Sejak 1962, Bakmi Aboen Tetap Hits di Pasar Baru

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 08 Mei 2020 16:00 WIB
Bakmi Aboen di Pasar Baru Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Bisa dibilang setiap gang yang ada di Pasar Baru menyimpan cerita hingga kuliner legendaris yang enak. Seperti Bakmi Aboen yang sudah berusia 58 tahun.

Sebelum diterapkannya pembatasan sosial berskala besar (PSBB), Pasar Baru selalu ramai dipenuhi pengunjung setiap harinya. Pusat perbelanjaan di Jakarta yang berdiri sejak 1820 ini bisa jadi pilihan belanja tradisional hingga mencicipi aneka kuliner legendaris.

Baca Juga: Nikmatnya Soto Betawi Komplet di Dalam Gang Klenteng Pasar Baru

Bakmi Aboen di Pasar BaruBakmi Aboen di Pasar Baru Foto: dok. detikFood

Tak jauh dari Cakwe Ko Atek yang terletak di belakang Bakmi Gang Kelinci, di bagian ujung gang sempit ini terdapat kedai mie dengan cat hijau dan papan sederhana bertuliskan 'Bakmi Aboen'.

Nama Aboen diambil dari nama pemilik kedai yang masih eksis hingga sekarang. Meski tempatnya di ujung gang, tapi ratusan orang setiap harinya memenuhi kedai mie gaya China ini terutama di pagi hari dan jam makan siang.

Menu utama yang ditawarkan ada bakmi non halal, seperti bakmi campur babi char siu dan babi goreng, dengan daging ayam cincang, bakso sapi, hingga pangsit goreng sebagai pelengkapnya.

Bakmi Aboen di Pasar BaruBakmi Aboen di Pasar Baru Foto: dok. detikFood

Baca Juga: Nostalgia Jajan Es Potong hingga Es Shanghai di Pasar Baru

Ciri khasnya terletak pada bakminya yang memiliki tekstur sedikit licin, lebih lembut dari tekstur mie lainnya namun tidak mudah hancur karena dibuat secara homemade setiap harinya. Rasa gurih dari potongan jamur hingga daging ayam cincang juga terasa apalagi dengan topping yang melimpah.

Bakmi Aboen di Pasar BaruBakmi Aboen di Pasar Baru Foto: dok. detikFood

"Di sini bisa pesan bakmi atau menu lainnya secara terpisah tanpa daging dan minyak babi. Dimasaknya terpisah," jelas salah satu pegawai yang mencatat pesanan para pengunjung.

Bakmi Aboen di Pasar BaruBakmi Aboen di Pasar Baru Foto: dok. detikFood

Selain bakmie campur, Bakmi Aboen menyajikan hidangan khas Chinese food lainnya yang bikin ngiler. Setiap menu terbagi dalam beberapa pilihan, seperti menu gorengan yang terdiri dari bakmi goreng, bihun goreng, kwetiaw goreng, capcai goreng, ayam goreng, hingga kodok goreng.

Lalu di menu nasi ada hidangan nasi capcai, nasi goreng, dan nasi ayam jamur. Tak ketinggalan menu andalan lainnya setelah bakmi ada locupan yaitu sejenis pangsit rebus dengan berbagai isian dari ayam jamur, bakso, pangsit goreng ayam, hingga locupan swikiau.

Tersedia juga menu bakso sapi, tahu sapi, bakso ikan, hingga bakso pangsit yang cocok jadi teman makan bakmi.

Bakmi Aboen di Pasar BaruBakmi Aboen di Pasar Baru Foto: dok. detikFood

"Di sini itu semua makanannya enak. Tak hanya bakminya saja, tapi locupannya juga enak, baksonya enak, kwetiawnya enak. Makanya saya sejak dulu kalau ke Pasar Baru pasti wajib makan di sini," tutur Lena salah satu pelanggan setia Bakmi Aboen kepada detikFood (11/03).

Untuk kisaran harganya Bakmi Campur Spesial Komplet dihargai Rp 50.000. Lalu Bakmi Ayam Bakso seporsinya Rp 41.000 dan Kwetiaw Goreng Rp 41.000.

Sebelum PSBB setiap harinya Bakmi Aboen buka dari jam 8 pagi hingga jam 8 malam. Bisa makan langsung di sana atau dibawa pulang sambil jajan Cakwe Ko Atek yang tak kalah legendaris.

Nah, pantau terus kulineran seru detikFood di Pasar Baru minggu depan ya!

Baca Juga: Kres! Empuknya Cakwe Legendaris di Gang Sempit Pasar Baru

Bakmi Aboen
l. Pintu Air V No.55G, Pasar Baru.
Sawah Besar, Jakarta Pusat.
Telp:(021) 3802588



Simak Video "Bakmi Aboen, Legendaris di Pasar Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)