Nikmatnya Soto Betawi Komplet di Dalam Gang Klenteng Pasar Baru

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 01 Mei 2020 17:00 WIB
Soto Betawi Bang Mamat Foto: dok. detikFood
Jakarta -

Selain gudangnya sepatu dan kain, Pasar Baru juga populer dengan aneka kulinerannya yang enak dan legendaris. Seperti soto Betawi salah satunya.

Sebelum pandemi virus Corona menyerang, Pasar Baru merupakan salah satu destinasi belanja yang populer di Jakarta. Terdiri dari satu jalanan yang luas dan beberapa gang atau lorong sempit di setiap sudutnya, banyak kuliner tersembunyi yang wajib dicoba.

Baca Juga: Kres! Empuknya Cakwe Legendaris di Gang Sempit Pasar Baru

Soto Betawi Bang MamatSoto Betawi Bang Mamat Foto: dok. detikFood

Salah satunya ada Soto Betawi Bang Mamat yang cukup hits di area Pasar Baru. Tak sulit untuk menemukan soto Betawi ini, letaknya tepat di dalam gang kecil menuju Vihara Dharma Jaya atau dikenal juga sebagai Klenteng Sin Tek Bio.

"Soto Betawi ini sudah berjualan tahun 1988 di Pasar Baru. Dari awal memang sudah jualan soto Betawi di wilayah sini. Dulunya kita jualan di pinggir jalan cuma sekarang pindah ke dekat klenteng," jelas Pak Aang salah satu pemilik Soto Betawi Bang Mamat kepada detikFood (11/03).

Pak Aang yang berasal dari Bogor mengingat bahwa dulu ia dan keluarganya merintis usaha soto ini dari awal. 32 tahun yang lalu ia hanya membawa satu liter kuah soto, kini ia bisa membawa 10 liter kuah per harinya.

Soto Betawi Bang MamatSoto Betawi Bang Mamat Foto: dok. detikFood

"Jadi ini sebenarnya usaha soto Betawi warisan keluarga, turun temurun. Saya lanjutin usaha saudara saya," ungkapnya.

Menu yang ditawarkan cukup sederhana ada soto kaki, soto babat, soto paru, soto campur, soto ayam, soto mie dan tentunya soto Betawi.

Menggunakan resep keluarga, semua potongan daging hingga jeroan direbus dengan rempah hingga empuk dan tidak amis. Kemudian potongan daging ini disajikan dengan dengan tomat, kentang, hingga bawang daun dan bawang goreng.

"Ciri khasnya di sini kuahnya tidak pakai susu sama sekali. Jadi kita hanya pakai santen aja dan warna kuahnya sedikit berbeda, namun rasa gurihnya lebih kuat," lanjut Pak Aang sambil menyajikan soto pesanan pembeli.

Soto Betawi Bang MamatSoto Betawi Bang Mamat Foto: dok. detikFood

Biasanya orang-orang lebih suka menyantap soto Betawi komplet dengan campuran daging sapi, urat, paru, babat hingga kikil. Untuk masalah rasa, Soto Betawi Bang Mamat ini tak kalah enak dengan soto Betawi legendaris lainnya.

Kuah soto dengan rasa santan yang kuat berpadu dengan dengan empuknya aneka daging dan tambahan irisan tomat yang segar. Porsi dagingnya juga tidak pelit dan melimpah. Satu porsi aneka soto dengan nasi dihargai sekitar Rp 25.000 dijamin kenyang.

Soto Betawi Bang MamatSoto Betawi Bang Mamat Foto: dok. detikFood

"Kalau dulu memang pengunjung Pasar Baru ini lebih ramai jika dibandingkan dengan sekarang. Tapi jika akhir pekan, Pasar Baru tetap ramai," pungkas Pak Aang, yang biasanya berjualan dari jam 10 pagi hingga jam 6 sore.

Soto Betawi Bang MamatSoto Betawi Bang Mamat Foto: dok. detikFood

Nah, Soto Betawi Bang Mamat ini bisa jadi rekomendasi makan enak di Pasar Baru. Jangan lupa simak terus kulineran seru detikFood di Pasar Baru ya!

Baca Juga: Nostalgia Jajan Es Potong hingga Es Shanghai di Pasar Baru



Simak Video "Es Timun Suri Cincau, Segar dan Manis untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)