Masak Apa Hari Ini : Pecel Lele dan Pentol Pedas ala Warung Tenda

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Senin, 30 Mar 2020 08:30 WIB
pecel lele Foto: Istimewa
Jakarta -

Masakan ala warung tenda bisa jadi ide menebus kangen. Ada pecel lele dengan sambal rawit, oseng mie hingga nasi pentol pedas yang pedas mantap.

Menikmati makanan hangat di warung tenda memang nikmat. Tapi saat karantina Anda juga bisa menyajikan pecel lele komplet dengan sambal dadak dan lalapan segarnya. Pedas nampol!

Oseng mie gaya warteg juga gampang disiapkan. Bumbunya sederhana, ditumis dengan bakso dan telur. Gurih lembut mulur, dijamin memuaskan selera keluarga.

Nasi hangat dengan paduan lauk bakso sapi dengan balutan sambal enak dimakan hangat. Pentol yang kenyal gurih makin enak ditambah telur dan taburan bawang merah goreng.

Bagaimana? Sudah keburu ngiler membayangkan nikmatnya makan pecel lele pakai tangan? Atau nasi pentol yang sedap? Rekomendasi resep-resep ini bisa menjadi alternatif pilihan sajian buat keluarga.

Masak Apa Hari Ini : Pecel Lele dan Pentol Pedas ala Warung TendaFoto: iStock



1. Pecel Lele

Hidangan lele khas Jawa ini biasanya dijual di warung-warung tenda. Ikan air tawar yang gurih enak ini disajikan dengan sambal dadak dan lalapan sayuran segar. Nikmatnya dinikmati dengan nasi hangat.

Sebaiknya beli ikan lele segar atau hidup agar aromany atidak anyir dan rasanya gurih enak. Buang isi perutnya, jika tak suka kepala lele bisa dipotong. Cuci bersih hingga tak ada darah pada badan lele.

Saat menggoreng pastikan seluruh badan ikan terendam minyak dan goreng hingga garing dan matang. Kalau ada bisa dilengkapi dengan tahu dan tempe goreng. Taruh di atas sambal dadak dan lengkapi dengan lalap sayuran segar. Langkah pembuatan pecel lele bisa dilihat di sini.

Masak Apa Hari Ini : Pecel Lele dan Pentol Pedas ala Warung TendaFoto: iStock



2. Oseng Mie Rawit

Mie gaya Jawa dengan bumbu sederhana ini gampang dibuat. Isiannya berupa sayuran dan bakso atau daging ayam. Berbumbu kecap dan dilengkapi dengan irisa cabe rawit hijau.

Mie telur segar atau mie telur kering bisa jadi pilihan. Jika memakai mie segar, siram dengan air hangat lalu tiriskan. Untuk mie kering sebaiknya rebus beberapa menit agar lunak. Lalu angkat dan tiriskan.

Untuk isian mie ini bisa ditambahkan kol, sawi, daun bawang atau sayuran lain sesuai selera. Irisan bakso sapi atau daging ayam bisa ditambahkan. Masukkan irisan rawit hijau sesaat sebelum diangkat agar rasanya masih renyah. Ikuti petunjuk resep ini untuk membuatnya.

Masak Apa Hari Ini : Pecel Lele dan Pentol Pedas ala Warung TendaFoto: detikfood



3. Nasi Pentol Pedas

Kalau sedang tak ada ide dan ingin makan yang pedas gurih, racikan nasi ini bisa jadi pilihan. Nasi putih, bakso tumis cabe rawit dan irisan telur dadar. Enak dimakan selagi hangat. Bikinnya juga gampang.

Pentol atau bakso sapi bisa dipilih yang halus, bakso urat atau bakso isi keju sesuai dengan persediaan yang ada. Rebus atau kukus dulu bakso sebelum dimasak dengan bumbu agar empuk lembut teksturnya.

Jumlah bumbu cabe bisa disesuaikan dengan selera pedasnya. Masak atau rebus bakso bersama bumbunya beberapa saat agar rasa pedasnya meresap dalam bakso. Cara membuatnya bisa dilihat di resep ini.




Simak Video "Cita Rasa Pecel Ayam hingga Bebek Legendaris untuk Buka Puasa"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)