Resep Pecel Lele yang Gurih Renyah dan Praktis

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 20 Mar 2019 15:28 WIB
Foto: iSrock Foto: iSrock
Jakarta - Pecel lele populer sebagai makanan malam yang murah dan sedap. kalau mau bikin sendiri juga tak sulit caranya. Coba saja ikuti cara ini.

Belum lama media sosial digegerkan pedagang pecel lele yang dipukul pembelinya karena dianggap terlalu lama memasak. Padahal meeka hanya perlu waktu 10 menit menyiapkannya.

Pecel lele merupakan makanan khas Jawa Tengah. Awalnya pedagang memanfaatkan lele berlimpah dari empang atau sawah. Lele digoreng garing kemudian disajikan dengan sambal rawit segar dengan kucuran air jeruk nipis atau limau. Makin enak dimakan dengan nasi hangat.

Tak terlalu lama dan rumit disiapkan, pecel lele bisa dibuat sendiri. Siapkan bahan dan ikuti cara pembuatannya berikut ini.


Resep Pecel Lele yang Gurih Rentah dan PraktisIkan lele segar atau hidup. Foto: iSrock

1. Lele segar

Ikan lele untuk diolah jadi pecel lele harus lele hidup atau segar. Belilah pada penjual ikan lele hidup di pasar. Mintalah mereka membersihkan dan memotong sungut serta membuang isi perutnya. Jika tak suka, kepala lele bisa dibuang. Kerat-kerat kedua sisi badannya dengan pisau tajam agar bumbu mudah meresap.


2. Bumbu halus

Agar rasanya makin gurih enak, siapkan bumbunya untuk 4 ekor ikan lele. Haluskan 3 siung bawang putih, 1 cm kunyit, 1 sdt ketumbar sangrai, 1/2 cm jahe, 1/2 sdt merica bubuk, dan 1 sdt garam.

Larutkan bumbu halus ini dengan sedikit air lalu lumerkan ke badan lele hingga rata. Diamkan selama 30 menit. Bisa juga disimpan dalam lemari es jika akan digoreng beberapa jam kemudian.

Resep Pecel Lele yang Gurih Rentah dan PraktisMenggoreng ikan lele. Foto: Dok. Cari Makan

3. Goreng ikan lele

Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang. Goreng ikan lele dan pastikan seluruh bagian lele terendam minyak. Setelah kering kecoelatan, angkat dan tiriskan.

Resep Pecel Lele yang Gurih Rentah dan PraktisSambal terasi atau sambal dadak. Foto: detikfood

4. Sambal

Buat sambal dari cabai merah keriting, cabe rawit merah, garam dan sedikit terasi. Gerus hingga halus. Kucuri air jeruk limau atau jeruk nipis. Taruh lele goreng di atasnya. Sajikan dengan mentimun, tomat, duan kemangi dan nasi hangat. (odi/odi)