Masak di Rumah Aja

Pakai Rice Cooker Bisa Masak Nasi Liwet dan Nasi Pandan yang Harum

Devi Setya - detikFood Kamis, 26 Mar 2020 05:30 WIB
Resep philips :Nasi Kuning Sosis Foto: Ari Saputra/detikcom
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja
Jakarta -

Saat bosan makan nasi putih biasa, saatnya mengolah kreasi nasi gurih. Ada nasi kuning, nasi liwet hingga nasi pandan yang bisa dimasak menggunakan rice cooker.

Nasi hangat dengan kepulan asap tipis memang bikin selera bertambah. Apalagi kalau nasinya dibuat dengan campuran berbagai bumbu. Kuliner Indonesia juga punya kekayaan luar biasa soal ragam nasi gurih.

Sebut saja nasi kuning, nasi uduk, nasi liwet atau nasi pandan yang punya aroma harum. Aneka nasi ini akan semakin nikmat lagi kalau disantap dengan berbagai lauk pelengkap.

Tak perlu khawatir soal ribetnya masak nasi gurih, kamu cukup mengandalkan rice cooker saja. Yuk bikin nasi gurih dengan rice cooker.

1. Nasi liwet teri pedas

Pakai Rice Cooker Bisa Masak Nasi Liwet dan Nasi Pandan yang HarumFoto: doc. detikfood


Sulit sekali rasanya menolak nasi liwet yang disajikan hangat. Aroma harum nasi yang dimasak dengan serai dan daun salam ini bahkan sudah enak meskipun lauk pelengkapnya sangat sederhana.

Apalagi nasi dimasak dengan campuran santan yang membuatnya lebih pulen dan gurih. Lengkapi nasi liwet dengan teri pedas yang ditumis bersama irisan cabai rawit merah. Makan nasi ini dijamin ogah berhenti ngunyah. Yuk masak nasi liwet rice cooker dengan resep ini.

2. Nasi pandan teri

Pakai Rice Cooker Bisa Masak Nasi Liwet dan Nasi Pandan yang HarumFoto: doc. detikfood


Harumnya daun pandan bukan hanya menggoda pada hidangan manis tapi nasi daun pandan juga tak kalah menggoda. Nasi daun pandan bisa dibuat dengan mudah dan super praktis kalau menggunakan rice cooker.

Siapkan beras pulen, daun pandan, dan air jeruk nipis untuk membuat nasi pandan. Lauk pelengkapnya bisa mengandalkan sambal teri. Coba hidangkan nasi pandan di rumah dengan resep berikut ini.

Baca juga : Ini 10 Sarapan Nasi Tradisional yang Populer, Kamu Suka yang Mana?


3. Nasi kuning sosis

Pakai Rice Cooker Bisa Masak Nasi Liwet dan Nasi Pandan yang HarumFoto: Ari Saputra/detikcom


Tak perlu menunggu momen syukuran kalau hanya ingin menyantap nasi kuning di rumah. Nasi kuning juga bisa dibuat dengan mengandalkan rice cooker.

Supaya nasi kuning semakin harum, tambahkan serai yang sudah dimemarkan. Makin istimewa lagi kalau menyantap nasi kuning dengan pelengkap sosis. Nasi kuning dengan resep ini juga bisa jadi menu sarapan yang menggoda.

4. Nasi hainan ayam

Pakai Rice Cooker Bisa Masak Nasi Liwet dan Nasi Pandan yang HarumFoto: Istimewa


Nasi gurih gaya Melayu ini juga bisa jadi alternatif sajian istimewa di rumah. Nasi hainan ayam ala restoran bisa dibuat di rumah dengan menggunakan rice cooker. Saking praktis, anak kost pun bisa membuatnya.

Nasi hainan akan semakin nikmat kalau disajikan hangat dengan irisan ayam bumbu wijen yang lembut juicy. Resep nasi hainan praktis dan mudah dibuat bisa dilihat di sini.

5. Nasi ayam KFC

Pakai Rice Cooker Bisa Masak Nasi Liwet dan Nasi Pandan yang HarumFoto: doc. detikfood


Mau menyantap nasi gurih dalam versi kekinian? Cobalah buat KFC Japanese Rice yang dimasak dengan tambahan ayam goreng KFC yang punya rasa gurih khas. Untuk membuat nasi ayam KFC ini cukup siapkan beras, ayam goreng KFC, bawang putih, bawang bombay dan shoyu.

Cara membuatnya adalah memasak beras dengan semua bahan ini dalam panci rice cooker. Proses hingga nasi matang lalu sajikan segera. Resep lengkap nasi ayam KFC bisa dibuat dengan resep ini.


Baca juga : Nasi Gurih hingga Nasi Gemuk, Ini 5 Nasi Berbumbu Tradisional





Simak Video "Tips Memasak Nasi agar Kadar Gulanya Lebih Rendah"
[Gambas:Video 20detik]
(dvs/odi)
FOKUS BERITA Masak di Rumah Aja