Yuk, Bikin Sarapan 'KFC Japanese Rice' yang Lagi Viral!

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 27 Des 2019 06:30 WIB
Foto: detikfood
Jakarta - Kecintaan orang Jepang dengan KFC membuat mereka kreatif. Salah satunya membuat nasi ayam ala KFC yang gampang dibuat dan enak rasanya.

Biasanya orang-orang di seluruh dunia menikmati sajian KFC dengan cocolan saus tomat, saus cabai atau mayonnaise. Pendampingnya nasi putih atau kentang goreng yang renyah.

Karena KFC merupakan makanan wajib bagi orang Jepang saat Natal, maka mereka sangat kreatif. Tak mau membiarkan sisa ayam gorengnya tak termakan maka merekapun mengolahnya menjadi nasi yang dimasak bersama ayam goreng KFC.

Adalah akun Twitter @getnewsfeed yang membeberkan ide kerennya. Memasak nasi bersama dengan KFC Original Recipe di dalam rice cooker. Hasilnya membuat banyak orang heboh karena dianggap cara cerdas menikmati ayam goreng.



Mau bikin sendiri? Caranya mudah sekali. Kalau tak ada ayam goreng KFC, bisa memakai sisa ayam bakar, rendang ayam atau ayam goreng. Untuk membuat 'KFC Japanese Rice, ikuti saja langkah mudah ini.

Yuk, Bikin Sarapan 'KFC Japanese Rice' yang Lagi Viral!Foto: detikfood


1. Siapkan bahan

Untuk membuat nasi ini diperlukan:
• 2 potong atau lebih ayam KFC bisa rasa Original atau Hot
• 200 g beras yang sudah dicuci
• 500 ml air
• 3 sdm shoyu (bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera)
• 1 siung bawang putih cincang halus
• 10 g bawang bombay cincang halus
• 1/2 sdt merica bubuk
• 1 sdm daun bawang iris kasar

Yuk, Bikin Sarapan 'KFC Japanese Rice' yang Lagi Viral!Foto: detikfood


2. Taruh dalam rice cooker

Siapkan rice cooker, taruh beras dalam panci rice cooker, tambahkan shoyu, air (sesuai dengan jenis beras), bawang putih, bawang bombay dan merica.

Yuk, Bikin Sarapan 'KFC Japanese Rice' yang Lagi Viral!Foto: detikfood


3. Masukkan ayam KFC

Taruh 2 potong ayam goreng KFC, sedikit tekan hingga terendam air. Masak dengan tekan tombol Cook hingga matang dan pindah ke Warm. Aduk-aduk sebentar dan diamkan beberapa saat agar nasi benar-benar tanak.

Yuk, Bikin Sarapan 'KFC Japanese Rice' yang Lagi Viral!Foto: detikfood


4. Penyajian

Suwir-suwir ayam KFC dengan garpu hingga tercabik kasar. Aduk bersama nasi. Taruh nasi di piring saji bersama suwiran ayam. Taburi daun bawang iris dan nikmati selagi hangat.



Simak Video "Nyobain Kue Pukis KFC, Rasanya Premium Banget!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)