Atasi Virus Corona, Pabrik Minuman Beralkohol Kini Produksi Hand Sanitizer

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 20 Mar 2020 15:00 WIB
Hand Sanitizer Foto: Istimewa
Jakarta -

Beberapa pabrik minuman beralkohol di Inggris kini beralih produk. Mereka memproduksi hand sanitizer untuk membantu cegah virus corona.

Hand sanitizer kini menjadi barang yang langka dan sulit dicari di tengah wabah virus corona yang mendunia. Hal ini membuat perusahaan minuman beralkohol BrewDong dan Verdant Sprits memutuskan untuk menghentikan produksi minuman dan beralih membuat hand sanitizer.

Baca Juga: Bukan Sabun, Wanita Ini Tak Sadar Berhari-hari Cuci Tangan Pakai Keju

"Kami bertekad untuk melakukan apa saja demi membantu banyak orang agar tetap aman," jelas James Watt pemilik BrewDog di Skotlandia yang memproduksi minuman bir, dilansir dari Metro UK (20/03).

Foto: Istimewa

Dengan nama 'Punk Sanitiser', hand sanitizer buatan BrewDog ini tampil menarik dengan warna gel biru cerah yang dibuat lewat penyulingan bir di pabrik mereka.

Perusahaan minuman gin Verdant Spirits di Dundee juga melakukan hal yang serupa dengan menggunakan fasilitas pabrik untuk membuat 400 liter gel hand sanitizer. Hand sanitizer ini kemudian dibagikan untuk para petugas medis di Inggris.

"Kami memutuskan menggunakan fasilitas di pabrik untuk membuat hand sanitizer bagi para petugas medis lokal karena persediaan hand sanitizer mulai menipis," jelas Andrew Mackenzie selaku pemilik Verdant Spirits.

Foto: Istimewa

"Verdant Spirits merupakan bisnis keluarga yang masih kecil terdiri dari dua pekerja. Dibutuhkan dana sekitar £2,500 (Rp 47 juta) untuk merampungkan proyek ini, apalagi beberapa bahan untuk membuat hand sanitizer sedang dijatah ketat oleh pemasok," jelasnya lagi.

Verdant Spirits memutuskan untuk menggalang dana di internet dan mendapatkan sambutan yang cukup baik dari netizen.

"Kami sudah memesan 20 liter glycerine untuk membuat and sanitizer. Pemasok menjatah semua bahan-bahan yang kami butuhkan. Kami juga harus menggunakan beberapa bahan alkohol yang harganya mencapai £25 (Rp 475,160) per liter," lanjut Andrew.

Foto: Istimewa

Sementara untuk 'Punk Sanitiser' keluaran BrewDog biaya yang dibutuhkan untuk membuat satu botol hand sanitizer ini sekitar £28.30 (Rp 531,978).

"Kami tidak akan menjual hand sanitizer ini. Tapi kami akan membagikannya kepada orang-orang yang membutuhkan. Di BrewDog kami melakukan apapun yang kami bisa untuk menyelamatkan orang sekaligus pekerjaan banyak orang. Sama seperti bisnis lainnya, BrewDog juga kehilangan 70% pemasukan imbas virus corona," pungkas James.

Sebelumnya banyak orang-orang Amerika yang kehabisan hand sanitizer dan memutuskan untuk cuci tangan menggunakan vodka. Mereka memilih produk vodka yang menggunakan alkohol tinggi seperti Tito's Vodka.

Baca Juga: Kehabisan Hand Sanitizer, Orang-orang Cuci Tangan Pakai Vodka



Simak Video "Kangen dengan Pecel Sayur di Pasar Baru?"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)