Masak Apa Hari Ini: Burger Steak dan Fried Chicken ala Resto Fast Food

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Rabu, 11 Mar 2020 08:30 WIB
fried chicken Foto: iStock
Jakarta -

Menu fast food dikenal enak meski disebut tak sehat. Padahal jika dimasak sendiri bahannya bisa lebih menyehatkan. Caranya juga tidak rumit.

Beef burger merupakan menu fast food paling populer di dunia. Bisa dibuat dari daging sapi sedikit lemak dna diberi paduan sayuran sehingga lebih menyehatkan. Jika dinikmati hangat rasanya lebih enak.

Fried Chicken merupakan favorit semua usia. Lapisan tepungnya kering renyah dengan daging ayam yang juicy. Enak dimakan panas dengan cocolan saus cabai. Bisa dibuat sendiri dengan pilihan ayam sesuai selera.

Kentang dengan keju, pastinya jadi sajian gurih yang enak dimakan hangat. Kali ini irisan tipis kentang dipanggang dengan paduan keju leleh dan bawang bombay yang renyah wangi. Dijamin mau nambah terus.

Tak perlu alat-alat dapur canggih, memasak menu fast food bisa memakai peralatan di dapur. Ikuti saja trik dan resep yang direkomendasikan detikfood berikut ini.

Masak Apa Hari Ini: Burger Steak dan Fried Chicken ala Resto Fast FoodFoto: detikfood


1. Burger Steak Saus Jamur

Burger memang memakai beef patty tetapi tak harus ditangkup dengan roti. Jika ingin yang lebih sehat dan tetap lezat, burger dibuat steak dengan siraman saus jamur kancing yang juicy.

Sebaiknya cincang daging sendiri, atau beli daging cincang premium yang tak terlalu banyak lemak. Karena akan dipanggang ada baiknya tak memakai banyak lemak. Lemak akan lumer dan permukaan burger akan berongga-rongga.

Pastikan mengaduk adonan daging hingga benar-benar rata. Timbang adonan untuk mendapatkan burger yang sama besarnya. Biarkan beberapa saat sebelum dimasak agar bumbu meresap dan menyatu dalam adonan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuatnya.


Masak Apa Hari Ini: Burger Steak dan Fried Chicken ala Resto Fast FoodFoto: detikfood



2. American Fried Chicken

Menu ayam goreng ini paling disukai orang di dunia. Kalau mau membuat sendiri, sebaiknya gunakan ayam negeri yang sedang ukurannya. Karena ayam akan digoreng dalam keadaan mentah, tanpa dimasak dengan bumbu lebih dulu.

Jika mau bisa dipakai daging ayam dalam potongan. Seperti sayap ayam, paha bawah atau paha atas. Potongan ayam ini bisa dibeli di pasar swalayan bagian daging ayam. Potongan yang sama akan membuat ayam bisa matang bersamaan.

Gunakan minyak banyak dan taruh dalam panci, panaskan di atas api sedang. Pastikan seluruh bagian ayam terendam minyak dan goreng hingga kering. Ikuti tahapan membuat ayam goreng yang renyah di resep ini.

Masak Apa Hari Ini: Burger Steak dan Fried Chicken ala Resto Fast FoodFoto: iStock/detikFood




3. Cheezy Potato Au Gratin

Kentang panggang dengan lapisan keju ini merupakan sajian kentang gaya Prancis yang tekenal. Membuatnya juga praktis karena melapisi irisan kentang dan keju lalu dipanggang hingga kentang matang dan keju meleleh.

Karena dipanggang bersamaan, pilihkan kentang yang tua umbinya dan potong dengan ukuran dan ketebalan yang sama. Agar saat dipanggang seleruh irisan kentang bisa matang bersamaan.

Setelah irisan kentang dan keju berlapis dipanggang. Beberapa menit sebelum diangkat, buka tutup aluminium foilnya agar permukaannya rata dan renyah. Untuk proses membuatnya bisa dilihat di resep ini.




Simak Video "Raffi Ahmad Jualan Fried Chicken, Enak Nggak Ya?"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)