Saat Banjir Ini 5 Menu Musim Hujan Untuk Hangatkan Badan

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Selasa, 25 Feb 2020 10:25 WIB
mie instan plus buat sahur Foto: Instagram
Jakarta -

Menu sederhana dan praktis ini bisa dinikmati saat hujan dan banjir. Manfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah dan racik makanan kaya nutrisi dan enak ini.

Hujan sejak semalam mengguyur Jakarta dan sekitarnya. Hal ini mengakibatkan banjir di beberapa lokasi. Tak ada tukang sayur dan pesanan makanan online tak semua melayani konsumen. Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan makanan di rumah untuk membuat sajian yang bisa memberi asupan nutrisi dan mudah disiapkan.

Telur, nasi, mie instan dan bumbu dapaur bisa diolah menjadi sajian yang enak. Pilih bahan yang mudah diolah dan gampang dipadupadankan dengan bumbu dan bahan lain. Lebih baik lagi jika masih punya stok sayuran.

Berikut ini beberapa pilihan menu yang gampang disiapkan meskipun aliran listrik mati. Usahakan menyajikan makanan segar, hangat dan bersih untuk menjaga stamina selama hujan dan banjir.

Saat Banjir Ini 5 Menu Musim Hujan Untuk Hangatkan BadanFoto: Istimewa



1. Telur Dadar dan Nasi

Punya persediaan telur di rumah? Buat saja jadi telur goreng atau telur dadar. Tambahkan sedikit bumbu seperti lada, merica dan cabai bubuk. Padukan dengan bahan lain seperti daun bawang iris halus, bawang merah atau bawang putih goreng.

Untuk penyajian, taruh nasi putih hangat di piring, taruh telur dadar atau telur goreng. Kucuri kecap manis, taburi bawang merah goreng atau bawang putih goreng. Contek saja resep nasi telur goreng gaya Pontianak yang enak ini.

Saat Banjir Ini 5 Menu Musim Hujan Untuk Hangatkan BadanFoto: Instagram



2. Mie Instan Plus

Penyelamat saat hujan yang disukai banyak orang adalah mie instan. Mie instan rebus atau mie instan goreng bisa jadi pilihan. Selain sayuran kering dan bumbu instan yang ada dalam kemasan, jangan lupa selalu tambahkan bahan segar.

Irisan sawi atau bokchoy dan telur goreng bisa jadi isian mie instan untuk menambah nutrisi mie instan. Selain itu jika ada bakso, sosis, kornet atau keju bisa ditambahkan sebagai isiannya.

Untuk mie instan rebus, airnya bisa diganti dengan susu cair agar rasanya lebih gurih dan nutrisinya lebih lengkap. Ide membuat mie instan lebih enak, bisa dilihat di resep ini.

Saat Banjir Ini 5 Menu Musim Hujan Untuk Hangatkan BadanFoto: dok. detikFood



3. Wedang Jahe

Air jahe hangat paling cocok untuk dinikmati saat udara dingin dan hujan. Jahe yang kaya khasiat bisa menghangatkan badan dan menambah daya tahan tubuh. Apalagi jika jahe dipadukan dengan rempah lain seperti serai, cengkih dan kayumanis.

Pilih umbi jahe yang besar dan tua, bakar sebentar, memarkan lalu rebus bersama air. Bisa ditambahkan serai yang dimemarkan, kayumanis atau cengkih jika ada. Atau kucuri sedikit air jeruk nipis.

Tambahkan gula aren atau gula batu untuk memberi rasa manis. Rebus hingga airnya sedikit susut. Saring lalu sajikan hangat. Beberapa resep varian wedang jahe yang enak bisa dilihat di sini.


Saat Banjir Ini 5 Menu Musim Hujan Untuk Hangatkan BadanFoto: Instagram



4. Nasi Goreng

Makanan paling populer di Indonesia ini paling gampang disiapkan. Karena bisa dipadukan dengan bahan apa saja yang ada di rumah. Tak ada aturan yang pasti. Tinggal pilih nasi goreng Jawa, China hingga nasi goreng telur.

Siapkan nasi dan gunakan bumbu nasi goreng instan, bumbu nasi goreng kering, kemasan atau botolan. Jika tak ada, cukup cincang bawang merah dan bawang putih bisa jadi bumbu sederhana yang sedap.

Sebagai isian bisa ditambahkan telur, sosis, dan kornet. Jika ada bisa ditambahkan sedikit sayuran untuk asupan nutrisi lebih komplet. Dengan bumbu minimalis, bawang merah, bawang putih hingga telur. Resep nasi goreng ini bisa jadi pilihan untuk meracik nasi goreng yang sedap.

Saat Banjir Ini 5 Menu Musim Hujan Untuk Hangatkan BadanFoto: detikfood



5. Sup Ayam

Sup ayam dikenal sebagai superfood yang paling cocok dikonsumsi saat flu atau udara dingin. Ini karena kaldu dan daging ayam yang kaya protein dan mudah dinikati serta dicerna tubuh. Apalagi jika ditambahkan sayuran seperti buncis, wortel dan kentang.

Membuat sup ayam cukup mudah. Rebus potongan ayam negeri atau kampung dengan api kecil hingga daging ayam empuk. Bumbui dan masak hingga meresap bumbunya. Terakhir bisa ditambahkan sayuran sesuai selera dan rebus hingga sayuran lunak.

Sebagai isian atau paduan lain bisa ditambahkan telur puyuh rebus. Sebaiknya sajikan selagi masih hangat. Untuk resep praktis membuat sup ayam yang gurih enak bisa dilihat di sini.




Simak Video "Banjir Jakarta, Omzet Pedagang Kuliner di 'Thamrin 10' Menurun"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)