Hangatkan Pagi dengan 5 Racikan Wedang Jahe Enak Ini

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 20 Sep 2019 06:30 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Jangan tunggu badan sakit, saat cuaca kurang baik, segera konsumsi minuman herbal. Teh jahe panas akan membuat tubuh segar sekaligus daya tahan tubuh jadi kuat.

Wedang jahe, air jahe atau teh jahe dikenal dengan nama ginger tea. Sesuai dengan namanya jahe merupakan bahan utama minuman ini. Selain mudah didapat, harganya murah, jahe juga dikenal kaya khasiat.

Tanaman jahe atau Zingiber Officinale mengandung senyawa homolog fenolik keton yang dikenal sebagai gingerol. Zat yang memberi rasa panas ini berkhasiat sebagai anti inflamasi dan karenanya berkhasiat cegah flu. Sejak 2.500 tahun telah digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, serta nyeri sendi dan otot.
Jahe yang banyak dikonsumsi terdiri dari 2 jenis, jahe putih dan jahe merah. Jahe merah punya rasa lebih panas dan pedas sehingga banyak dipakai untuk pengobatan. Sementara jahe putih banyak dipakai untuk bumbu masakan dan minuman.

Pilih jahe yang umbinya tua, utuh, tak ada yang busuk. Panggang umbi di atas bara api hingga kulitnya mengelupas dan agak kering. Kerok dengan pisau atau sendok hingga bersih. Selanjutnya, memarkan jahe dan olah menjadi campuran minuman.

Berikut ini 5 varian minuman jahe hangat yang mudah diracik sendiri sebagai minuman pagi pengganti teh atau kopi.

(odi/odi)