Keju Mahal di Dunia Ini Usianya 20 Tahun, Dijual Rp 2,8 Juta per Kilogram

Yenny Mustika Sari - detikFood Jumat, 24 Jan 2020 11:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Keju mahal di dunia ini telah berusia 20 tahun. Kalau mau mencicipnya, keju ini dijual hingga Rp 2,8 juta per kilogram. Seperti apa ya bentuk keju ini?

Dilansir dari Atlas Obscura (16/1), sebuah perusahaan keju di Amerika bernama Wisconsin memiliki keju berusia 20 tahun. Meski sudah tua, keju tersebut tetap dijual dengan harga cukup mahal yaitu $209 atau jika dirupiahkan sekitar Rp. 2.852.432. Menjadikannya salah satu keju mahal di dunia.

Jenis keju yang dimaksud adalah cheddar. Bentuknya masih bagus dan rasanya unik. Keju yang disimpan ini bukan hanya satu melainkan hingga beberapa keju dengan bobot mencapai 500 pound atau 226 kilogram.

Keju Mahal di Dunia Ini Usianya 20 Tahun, Dijual Rp 2,8 Juta per KilogramFoto: Istimewa

Menurut Tony Hook selaku pelopor dalam penuaan keju, keju berusia 20 tahun ini memiliki tekstur lembut bahkan rasanya seperti wine. Tingkat keasaman keju cheddar yang paling tinggi itu pada usia 3 hingga 5 tahun.

Baca Juga: Bukan Makanan Asli Indonesia, Sejak Dulu Keju Disukai

Hook dan istrinya Juli ini telah membangun pabrik keju mereka sejak tahun 1987 dan telah bereksperimen lama dengan keju-keju tersebut. Sebelumnya mereka hanya menyimpan keju tersebut selama 3-4 tahun saja. Namun saat mengetahui kalau keju tersebut berubah rasa menjadi unik, barulah ia menyimpannya lebih lama hingga 20 tahun.

Ini bukan kali pertamanya ia menjual keju dengan usia yang tua, sebelumnya ia dan istrinya Julie pernah menjual habis keju 20 tahun tersebut pada tahun 2015. Dan habis terjual sebanyak 450 pound atau 204 kilogram. Kini ia menambahkan jumlahnya mencapai 226 kilogram.

Keju Mahal di Dunia Ini Usianya 20 Tahun, Dijual Rp 2,8 Juta per KilogramFoto: Istimewa

Seorang pembeli keju bernama Ken Monteleone yang merupakan pemilik toko keju di Madison bernama Fromagination mengatakan kalau keju yang diproduksi dan disimpan oleh Hook memiliki tekstur yang sangat lembut dan cita rasanya seperti mentega. Monteleone juga menyebutkan kalau Hook ini salah satu pembuat keju cheddar tua yang terbaik di dunia.

Sebelum keju dari perusahaan Wisconsin, ada pula keju mahal lainnya seharga motor matic lho jika di Indonesia. Keju tersebut bernama Pule Cheese yang diproduksi di wilayah Zasavica, Serbia. Keju tersebut dibuat dari 25 liter susu kedelai. Harganya mencapai Rp 17 juta per kilogramnya.

Baca Juga: Ini 5 Keju Termahal di Dunia, Ada yang Seharga Motor Matic



Simak Video "Icip-icip Lumpia Kekinian, dari Spring Roll hingga Otak-otak Lumpia"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)