Mulur Gurih Makanan Serba Keju

Bukan Makanan Asli Indonesia, Sejak Dulu Keju Disukai

Devi Setya - detikFood
Selasa, 12 Mar 2019 13:58 WIB
Foto: Istock
Jakarta - Keju memang bukan makanan asli Indonesia tapi sensasi rasanya mampu menggoda selera. Kini keju jadi primadona yang sering ditambahkan dalam berbagai makanan.

Jika menelisik sejarah tidak ada catatan yang jelas dan pasti kapan keju ditemukan. Kabarnya makanan olahan dari susu ini sudah diproduksi sejak zaman prasejarah.

Sementara pabrik keju pertama berlokasi di Swiss pada abad ke-19 namun produksi keju skala besar pertama dilakukan di Amerika Serikat. Saat ini diperkirakan ada lebih dari 400 jenis keju di dunia dengan pabrik-pabrik yang tersebar di Amerika dan Eropa.
Bukan Makanan Asli Indonesia, Sejak Dulu Keju Disukai Foto: Istock
Baca juga : Mulur Gurih Keju Jadi Daya Tarik Banyak Makanan

Keju kini berkembang sangat pesat, rasanya yang gurih lezat membuat orang banyak berkreasi mengolah makanan dengan paduan keju. Di Indonesia sendiri tren kuliner berbahan keju sudah berlangsung cukup lama.

Dahulu jenis keju yang paling populer digunakan hanya jenis keju cheddar dan Edam. Kedua jenis keju ini masih diimpor dari Belanda. Keduanya dipakai untuk membuat kue kering kaastengel. Kini orang lebih cenderung mencari keju bertekstur lumer dan mulur. Jenis keju lunak seperti mozzarella, raclette dan natural menjadi favorit.

Selain enak, jenis keju mulur dan lumer ini dianggap lebih sensasional sekaligus lebih cocok untuk dijadikan konten media sosial. Apalagi sekarang kaum millenial cenderung mencari kuliner dengan tampilan menarik.

Keju mulur dan lumer yang banyak digunakan di Indonesia adalah jenis mozarella dan raclette. Dua keju ini punya rasa yang sesuai dengan lidah orang Indonesia dan punya tekstur elastis ketika dipanaskan.
Bukan Makanan Asli Indonesia, Sejak Dulu Keju Disukai Foto: Istock

Lihat saja beberapa outlet ramai diantre saat menyajikan menu makanan dengan keju mulur. Beberapa diantaranya ada ayam goreng Korea yang digulung dengan keju, pasta keju, steak dengan lelehan keju, ramen keju hingga yang paling baru roti bakar Jepang dengan isian keju.

Bahkan tak hanya makanan Asia dan Barat saja yang dilumuri keju, kuliner khas Indonesia juga seolah tak mau ketinggalan. Kini bisa dengan mudah menemukan ayam geprek keju, siomay keju, bakso isi keju hingga sate taichan diguyur keju leleh.

Ada yang tak kalah nyentrik, kini minuman juga diberi topping foam creamy yang terbuat dari keju. Rasa manis yang dominan pada minuman mampu menghadirkan sensasi gurih creamy khas keju.
Bukan Makanan Asli Indonesia, Sejak Dulu Keju Disukai Foto: Istock

Baca juga : Manis Gurih Teh dengan Lapisan Busa Keju yang Makin Populer

Tampaknya keju terus menjadi primadona karena lidah orang Indonesia cenderung suka berbagai makanan dengan paduan keju. Meskipun tak sedikit makanan ini akhirnya dibanderol dengan harga yang lebih tinggi.

Ulasan kali ini, detikFood akan membahas serba-serbi makanan dengan keju. Ketahui juga ciri keju berkualitas hingga berbagai resep masakan keju yang mudah dibuat di rumah. Simak ulasan selengkapnya hanya di detikFood.

(dvs/odi)