Minuman Segar dan Trendi

Manis Gurih Teh dengan Lapisan Busa Keju yang Makin Populer

Maya Safira - detikFood Jumat, 29 Sep 2017 17:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Tren keju kini beralih ke minuman. Teh yang diberi krim keju mulai populer di sejumlah negara. Bagaimana dengan Indonesia?

Cheese tea, naigai cha atau teh keju sekarang begitu terkenal di China. Sampai antrean mengular berjam-jam di gerai penyedia cheese tea. Minuman ini sebenarnya sudah ada cukup lama di Guangzhou, tapi kepopulernya kian meningkat.

Manis Gurih Teh dengan Lapisan Busa Keju yang Makin PopulerFoto: Istimewa


Sebenarnya tampilannya mirip dengan pilihan minuman di kebanyakan gerai milk tea. Hanya saja teh ditambahkan lapisan tebal busa keju (cheese foam) di permukaannya.

Busa keju tersebut disebut seperti mascarpone tapi lebih ringan. Dikutip dari nextshark (27/9), bahannya terbuat dari krim keju, whipping cream, krim, gula, dan garam. Kemudian dikocok sampai bertekstur seperti busa.

Baca juga: Cheese Tea, Racikan Teh dan Keju Asal Taiwan yang Mulai Populer

Salah satu gerai cheese tea di China diketahui memakai keju gouda leleh sebagai dasar kejunya. Sehingga menambah rasa gurih pada busa keju.

Ada sejumlah aturan untuk menikmati teh keju. Pertama, tidak menggunakan sedotan. Kedua, jangan campurkan busa ke dalam minuman. Terakhir, miringkan gelas sampai sudut tertentu dan biarkan cairan mendorong busa ke mulut.

Idealnya, Anda akan mencecap rasa terpisah antara teh dan busa. Ada rasa asin enak dalam cheese tea. Setelah beberapa sesapan, minuman akan mengingatkan Anda terhadap cheesecake tapi dalam bentuk cair.

Cheese tea juga bukan minuman yang diminum perlahan-lahan. Sebaiknya diminum cukup cepat agar busa tidak larut ke teh.

Di Indonesia, cheese tea mungkin belum terlalu populer. Namun baru-baru ini sudah ada penyedia cheese tea. Salah satunya gerai Cheese Tea di Sun Plaza, Medan. Di sini ada cheese chocolate, vita lemon C, cheese jasmine tea, maupun cheese matcha.

Baca juga: Teh Juga Enak Diminum Dingin dengan Paduan Susu hingga Beragam Topping

Manis Gurih Teh dengan Lapisan Busa Keju yang Makin PopulerFoto: Cui Ta Instagram


Masih di Medan, ada Cui Ta yang menawarkan minuman dengan tambahan cheese mousse. Tersedia milk tea, jasmine tea, oolong tea, kumquat, kiwi shake hingga cokelat.

Kamu Tea asal Bangkok ikut menyediakan cheese tea. Gerai yang baru buka mulai 30 September di AEON Jakarta Garden City ini akan menawarkan beberapa pilihan. Antara lain Matcha Cheese Tea, Black Cheese Tea, Passion Fruit Cheese Tea, Dark Cocoa Cheese Tea dan Thai Cheese Tea. Mau coba?

(msa/odi)
Load Komentar ...