Mulur Gurih Keju Jadi Daya Tarik Banyak Makanan

ADVERTISEMENT

Kuliner Hits 2017

Mulur Gurih Keju Jadi Daya Tarik Banyak Makanan

Devi Setya - detikFood
Rabu, 13 Des 2017 18:10 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Lembut mulur lelehan keju dengan rasa asin jadi paduan banyak makanan sepanjang 2017. Dari martabak hingga ayam geprek berlelehan keju.

Beragam jenis keju menjadi aksen rasa aneka makanan. Keju smoked cheddar, natural hingga mozzarella memberi aksen gurih enak pada beragam makanan.

Berikut 6 makanan lezat menggoda yang disajikan dengan lelehan keju. Yang mana favorit Anda?

1.Martabak telur mozarella
Mulur Gurih Keju Jadi Daya Tarik Banyak MakananFoto: detikfood / iStock
Martabak telur disajikan dengan kuah asam pedas dan acar wortel mentimun. Berbeda dengan martabak telur kekinian, toppingnya dibalut dengan lelehan keju mozarella. Potongan martabak gurih ini paling mantap disantap saat masih hangat karena keju masih meleleh dan bikin ngiler.

2. Sate taichan mozarella
Populer dengan sate taichan original yang disajikan dengan sambal ekstra pedas, pebisnis kuliner berinovasi dengan menambahkan keju mozarella. Ayam dengan bumbu minimalis ini dibakar hingga matang kemudian ditaburi keju mozarella parut.
Mulur Gurih Keju Jadi Daya Tarik Banyak MakananFoto: Istimewa
Untuk membuatnya meleleh, penjual biasa memanfaatkan fire torch. Saat keju meleleh sempurna, sate taichan disajikan dengan sambal khas yang pedasnya nendang. Huah!

3.Ayam goreng Korea keju
Masih hangat dalam ingatan bagaimana ramai sesak sebuah restoran korea di salah satu mall di bilangan Jakarta Selatan. Orang antre di restoran ini demi bisa merasakan sensasi makan ayam bumbu korea yang disajikan dengan keju leleh yang dililit.
Mulur Gurih Keju Jadi Daya Tarik Banyak MakananFoto: Istimewa
Potongan sayap ayam disajikan hangat-hangat dengan keju mulur meleleh. Menariknya, pramusaji melayani makanan ini langsung di depan pengunjung.

4.Japanese cheese cake
Varian kue asal Jepang yang serba keju nyaris bersamaan datang ke Indonesia. Mulai cheese tart, cheese cake hingga pillow cheese cake semuanya sukses menarik perhatian.
Mulur Gurih Keju Jadi Daya Tarik Banyak MakananFoto: detikFood
Di hari pertama pembukaan gerai kue serba keju ini, antrean selalu terlihat mengular.

5.Ayam geprek mozarella
Ayam geprek mozarella adalah suguhan ayam goreng tepung renyah. Saat masih panas, ayam diberi sambal lalu ayam digeprek alias memar hingga pipih dan nyaris hancur.
Mulur Gurih Keju Jadi Daya Tarik Banyak MakananFoto: Istimewa
Selanjutnya ayam diberi taburan keju mozarella lalu dipanaskan hingga seluruh keju meleleh. Ayam ini paling nikmat dimakan bersama seporsi nasi putih hangat. Pedas-pedas gurih!

6. Steak keju
Umumnya steak disajikan dengan siraman saus mushroom atau blackpepper. Tapi sekarang steak disajikan dengan lelehan keju raclette.
Mulur Gurih Keju Jadi Daya Tarik Banyak MakananFoto: Istimewa
Untuk menghidangkannya, steak daging kualitas premium yang sudah matang ini dituangi lelehan keju. Tak seperti melelehkan keju mozarella, bongkahan keju raclette dipanaskan dengan alat pemanas khusus hingga permukaannya meleleh. Saat sudah meleleh baru dituang di atas steak. Hmm yummy!

(dvs/odi)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT