Masak Apa Hari Ini : Sayur Bening dan Ikan Pindang Rawit

Odilia Winneke Setiawati - detikFood Jumat, 24 Jan 2020 06:00 WIB
Foto: detikfood
Jakarta -

Meski sedang berhemat bukan berarti makanan lezat tak bisa Anda sajikan. Pilih bahan makanan kaya nutrisi. Seperti bayam,tempe dan ikan yang enak dan kaya gizi.

Menu keluarga sebaiknya terdiri dari hidangan berkuah, lauk protein dan lauk kering. Agar masakan bisa dimakan saat makan siang dan makan malam. Tak perlu harus yang mahal sumber protein nabati juga bisa diolah jadi masakan enak.

Di antara banyak sayuran hijau, bayam tergolong sayuran kaya nutrisi. Sejumlah vitamin dan mineral banyak terkandung dalam bayam. Sementara produk olahan kedelai bisa menjadi sumber protein nabati yang menyehatkan. Ikan, salah satu jenis seafood juga kaya akan protein dan lemak yang akrab buat jantung.



Rekomendasi menu pilihan detikfood ini bisa menjadi contekan untuk sajikan menu sehat, murah dan kaya nutrisi. Masak apa hari ini? Salah satu dari menu ini bisa jadi pilihan yang sehat dan murah.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Bening dan Ikan Pindang RawitFoto: detikfood



1. Sayur Bening Bayam

Sesuai dengan namanya sayur ini memang berkuah bening karena hanya memakai bumbu minimalis, bawang merah, gula dan temu kunci serta garam. Kuahnya berupa air rebusan bayam.

Temu kunci merupakan rempah rimpang yang jadi bumbu utama sayur bening khas Jawa ini. Bentuknya memanjang mirip jari dengan aroma atsiri yang khas. Temu kunci berkhasiat untuk mengobati sakit tenggorokan dan gangguan pencernaan.

Selain bayam bisa dipakai daun katuk. Paduan lain yang bisa ditambahkan adalah jagung manis, labu air, oyong, labu kuning atau ubi manis. Jika memakai bayam, sebaiknya rebus atau masukkan bayam secukupnya saja. Agar tiap kali dihidangkan selalu segar. Untuk membuatnya ikuti saja langkah-langkah mudah ini.

Masak Apa Hari Ini : Sayur Bening dan Ikan Pindang RawitFoto: detikFood



2. Ikan Pindang Bumbu Rawit

Ikan pindang merupakan olahan ikan segar yang diasinkan. Ikan kembung atau ikan banjar segar biasanya ditambahkan garam dan dikukus. Ikan ini rasanya gurih dengan daging yang kokoh.

Sebaiknya pilih ikan pindang yang dagingnya kokok, utuh dengan kepalanya. Sebelum dimasak, buang isi perut dan kepalanya. Goreng hingga agak kering. tak perlu menambahkan garam karena ikan ini sudah asin.

Sebagai paduannya bisa memakai cabai rawit, cabai hijau atau cabai merah besar yang ditumis. Bisa ditambahkan tomat hijau atau tomat merah sebagai penambah rasa segar. Bumbunya cukup ditambahkan sedikit garam agar rasanya lebih gurih. Untuk membuatnya, intip resep ini!

Masak Apa Hari Ini : Sayur Bening dan Ikan Pindang RawitFoto: detikfood



3. Orek Tempe Cabai Hijau

Masakan tempe gaya Jawa ini sangat populer bahkan menjadi menu wajib warung tegal. Bahannya hanya tempe, bawang merah, bawang putih, cabai dan sedikit kecap manis.

Pilih tempe yang bagus, padat kedelainya dan aromanya kedelai segar. Jika tempe kurang bagus saat dipotong kedelai akan keluar dan hancur. Potong-potong tempe bentuk kotak dan goreng hingga setengah kering.

Untuk bumbunya, tumisan bawang merah, bawang putih, cabai hijau, cabai rawit atau cabai merah. Jika ingin rasa gurih yang lebih kuat bisa ditambahkan kaldu bubuk atau kaldu blok. Masak hingga bumbu meresap dan kuah susut. Pembuatannya sangat mudah, coba saja ikuti resep ini.



Simak Video "Mati Gaya saat #DiRumahAja? Cobain Pepes Benggol Ini!"
[Gambas:Video 20detik]
(odi/odi)