Keren! Kafe di India Ini Dikelola Oleh Korban Siraman Air Keras

Sonia Basoni - detikFood Rabu, 22 Jan 2020 14:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Salah satu kafe di India punya konsep yang unik sekaligus mulia. Kafe ini dikelola khusus oleh wanita yang menjadi korban siraman air keras.

Siraman air keras sering kali menimpa wanita, cairan dari air keras ini biasanya menghancurkan bagian wajah hingga tubuh yang terkena oleh zat kimia ini. Banyak korban siraman air keras yang sulit untuk menjalankan kehidupan normal setelahnya.

Baca Juga: India Punya 'Kafe Sampah', Sampah Plastik Ditukar dengan Makanan
Keren! Kafe di India Ini Dikelola Oleh Korban Siraman Air KerasFoto: Istimewa

Kebanyakan korban dari siraman air keras memiliki bekas luka, yang sering kali dianggap menyeramkan untuk sebagian besar orang, sehingga sulit bagi mereka untuk mendapatkan pekerjaan. Hal inilah yang membuat salah satu pemilik kafe di Agra dan Lucknow, India, memutuskan untuk memperkerjakan wanita yang jadi korban siraman air keras.

Dilansir dari Storypick (22/01), The Orange Cafe merupakan kafe dengan konsep unik yang didirikan oleh Ajay Kumar Patel. Ajay merupakan pendiri dari organisasi The Red Brigade, yang melatih wanita untuk bela diri.

Ia menyadari bahwa sulitnya korban siraman air keras untuk mendapatkan pekerjaan, karena luka atau penampilan mereka. Karenanya demi menjalankan The Orange Cafe, Patel sampai harus mencari korban-korban siraman air keras ini di Uttar Pradesh selama dua tahun lebih.
Keren! Kafe di India Ini Dikelola Oleh Korban Siraman Air KerasFoto: Istimewa

"Kami membuka The Orange Cafe, dengan tujuan untuk memastikan bahwa semua korban siraman air keras bisa menjalani dan mengelola kafe ini," jelas Patel.

Hasilnya ia kini sudah menemukan empat wanita yang menjadi korban siraman air keras, dan mau bekerja di The Orange Cafe. Kini empat wanita itu tengah dilatih untuk belajar masak, melayani pengunjung, hingga mengatur pembayaran pengunjung.

Patel berharap dengan adanya The Orange Cafe, wanita-wanita korban siraman air keras ini akan menjadi lebih mandiri, dan bisa membantu keluarga mereka juga.
Keren! Kafe di India Ini Dikelola Oleh Korban Siraman Air KerasFoto: Istimewa

"Kami kini sedang melatih mereka untuk memasak, melayani pengunjung, dan menangani pembayaran pengunjung. Kami tidak ingin mereka bergantung kepada orang lain, kami juga akan menggaji mereka dengan sistem bagi hasil," lanjut Patel.

Di tahun 2019 sendiri, setidaknya ada lebih dari 300 kasus siraman air keras yang dilaporkan di India setiap tahunnya. Sementara itu India tercatat sebagai negara yang memiliki kasus siraman air keras paling tinggi di dunia.

Baca Juga: Ganti Kursi dengan Ayunan, Restoran India Ini Langsung Viral





Simak Video "Unik! Begini Kalau Pesawat Airbus Diubah Jadi Restoran"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)