India Punya 'Kafe Sampah', Sampah Plastik Ditukar dengan Makanan

Sonia Basoni - detikFood Senin, 22 Jul 2019 15:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Semakin meningkatnya limbah plastik, membuat salah satu perusahaan di India, meluncurkan kafe sampah. Selain membatu warga juga menjaga lingkungan.

Untuk mengurangi limbah plastik, bisa dilakukan dengan cara mendaur ulang sampah-sampah berbahan plastik. Perusahaan Municipal Corporation, baru saja membuka kafe sampah pertama di India, letaknya di kota Ambikapur, Chhattisgarh. Kafe ini bertujuan membantu pemerintah untuk mengurai polusi dari plastik.

Baca Juga: Tak Punya Uang? Cukup Tukarkan Buku untuk Dapatkan Makanan Gratis di Kafe Ini
India Punya 'Kafe Sampah', Sampah Plastik Ditukar dengan MakananFoto: Istimewa

Dikabarkan dari Storypick (19/07), perusahaan ini juga memastikan bahwa orang-orang yang mengumpulkan sampah plastik, bisa menukarkannya dengan makanan gratis yang ada di kafe mereka.

Setiap orang yang mengumpulkan sampah plastik seberat 1kg, akan ditawarkan makanan gratis dari hidangan pembuka, hingga penutup. Sementara bagi mereka yang hanya mengumpulkan sampah plastik seberat 500 gram, akan diberikan menu sarapan.

Nantinya semua sampah plastik yang dikumpulkan ini, akan digunakan untuk pembangunan jalan di Ambikapur, salah satu kota yang paling bersih di India, setelah Indore. Kafe sampah ini bentuknya hanya stand sederhana saja, di dekat pemberhentian bis. Sehingga memudahkan orang untuk menukarkan sampah-sampah yang mereka kumpulkan.
India Punya 'Kafe Sampah', Sampah Plastik Ditukar dengan MakananFoto: Istimewa

Setidaknya perusahaan Municipal Corporation sudah menyiapkan dana sekitar RS 5 Lakh (Rp 6,9 miliar) untuk menjalankan kafe ini. Lewat gerakan ini, Municipal Corporation akan menyediakan makanan untuk orang yang membutuhkan serta gelandangan.

Selain itu Municipal Corporation juga akan membangun tempat penampungan, dengan makanan gratis untuk orang-orang yang ada di sana. Tentu saja gerakan ini dipuji oleh banyak netizen di India.

"Jika wilayah seperti Chhattisgarh yang memiliki tingkat ekonomi lebih rendah dari Goa saja, bisa membuat gerakan seperti ini. Mengapa kita tidak bisa?" tulis netizen bernama Gaurang Prabhu.
India Punya 'Kafe Sampah', Sampah Plastik Ditukar dengan MakananFoto: Istimewa
"Kita membutuhkan kafe ini di setiap kota! #KatakanTidakPadaPlastik." pungkas netizen lainnya.

Selain di India, gerakan serupa juga hadir di kota Beijing, China. Sebelumnya seorang pemilik toko memberikan telur ayam gratis, untuk setiap orang yang menukarkan kotoran anjing ke tokonya.

Baca Juga: Pemilik Toko Ini Berikan Telur Gratis



Simak Video "Unik! Begini Kalau Pesawat Airbus Diubah Jadi Restoran"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)