Ini 5 Makanan Khas Tasikmalaya yang Dihebohkan Kemunculan Kesultanan Selacau

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 20 Jan 2020 15:00 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: dok. detikFood
Jakarta - Kemunculan kerajaan di Indonesia kembali bikin heboh, kali ini di Tasikmalaya. Soal kulinernya, berikut 5 makanan khas Tasikmalaya yang nikmat.

Munculnya Kerajaan Keraton Agung Sejagat di Purwokerto menghebohkan media sosial sejak minggu lalu hingga berujung penangkapan pemimpinnya. Lalu ada lagi Sunda Empire yang menggemparkan warga Bandung. Yang terbaru, muncul Kesultanan Selacau di Tasikmalaya sejak dua hari lalu (18/1).

Kesultanan Selacau atau biasa disebut dengan Kesultanan Selaco berlokasi di Kampung Nagara Tengah, Desa Cibungur, Parung Ponteng, Tasikmalaya. Kabarnya kerajaan ini sudah ada sejak tahun 2004. Rohidin selaku yang pendiri Kesultanan ini mengaku sebagai keturunan Raja Padjajaran dan memiliki gelar Patra Kusumah VIII.

Kesultanan ini memiliki beragam aktivitas dan kerap membantu warga sekitar, namun menurut warga belakangan ini kerajaan sudah jarang aktif. Selain pemberitaan tentang Kesultanan Selacau yang sedang heboh, Tasikmalaya juga memiliki beragam keunikan tersendiri.

Salah satunya makanan khas Tasikmalaya yang beragam dan tak kalah enak dengan daerah lainnya. Mulai dari camilan tradisional seperti opak, sale pisang, hingga makanan tradisional yang mengenyangkan seperti nasi tutug oncom.

Baca Juga: Kerajaan Keraton Agung Sejagat Viral, Yuk Kenali 5 Kuliner Khas Purworejo (yms/adr)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com