Ekspedisi Langit Nusantara

Ladu Hingga Kolontong, Oleh-oleh Enak dari Tasikmalaya

Lusiana Mustinda - detikFood Minggu, 01 Mei 2016 15:07 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mampir ke Tasikmalaya Anda harus membawa oleh-oleh khas daerah ini. Aneka camilan yang renyah dengan rasa gurih, bisa Anda bawa untuk keluarga di rumah.

Berbekal jaringan luas dan tercepat, detikFood mencari beberapa makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh dari Tasikmalaya. Berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda bawa pulang.

1. Ladu
Ladu merupakan makanan yang terbuat dari berasa ketan yang memiliki cita rasa manis. Teksturnya lembut mirip seperti dodol. Di Tasikmalaya, ladu banyak dijumpai saat lebaran. Akan tetapi, Anda juga bisa menemukannya di sentra jajanan oleh-oleh di Tasikmalaya.



2. Opak Oven
Opak menjadi salah satu makanan khas Jawa Barat. Tapi, banyak pula yang menyebutkan berasal dari Tasikmalaya seperti opak oven ini. Opaknya terbuat dari beras ketan yang dikukus dan ditumbuhk kemudian dicetak berbentuk lingkaran. Setelah itu, opak dijemur dan di bakar dengan oven. Karena dalam proses pembuatannya tidak digoreng, opak ini jadi salah satu buruan para pelancong yang pergi ke Tasikmalaya.



3. Kolontong
Makanan ini bisa Anda temui di daerah Jawa Barat seperti Tasikmalaya, Cianjur hingga Sukabumi. Dibuat dengan olahan beras ketan yang ditambah gula merah, membuat kolontong banyak disukai siapa saja. Kolontong biasanya dinikmati bersama dengan kopi ataupun teh.

4. Kalua Jeruk
Tak hanya di Ciwidey, manisan kulit jeruk juga banyak dijual di daerah Tasikmalaya. Makanan ini dibuat dari kulit jeruk yang dipadukan dengan gula dan perisa unik seperti strawberry dan juga durian.  Agar lebih enak, kulit jeruk dipotong dan direndam dalam air kapur sirih hingga semalam dan dimasak dengan gula hingga mendidih dan kering.



5. Rangginang
Rengginang yang renyah dan gurih juga berasal dari Tasikmalaya. Tak hanya enak dijadikan camilan, rangginang dengan rasa khas terasi enak disantap dengan makanan berat. Rangginang biasanya dibauat dengan berbagai warna, mulai dari putih hingga merah muda.

Kalau bingung mau membeli oleh-oleh dimana. Cukup siapkan google maps dan Anda bisa langsung menyusuri jalan untuk sampai ke Pusat Oleh-oleh Arjuna. Yuk, cek tempatnya!



Arjuna Pusat Oleh-oleh Tasikmalaya
Jl. Raya Jamanis (samping Masjid Itje)
Ciawi, Tasikmalaya
Telp: (0265) 2424030

"Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia". (lus/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com