Ekspedisi Langit Nusantara

Gurih Enak Bubur Tasik dengan Suwiran Ayam Kampung yang Melimpah

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 30 Apr 2016 15:13 WIB
Foto: detikFood/Alchetron
Jakarta - Pencinta bubur ayam perlu mencicip bubur Tasik. Semangkuk bubur diberi topping suwiran ayam kampung dan hati ayam yang melimpah. Sedap!

Mencari bubur ayam di Tasikmalaya bukanlah perkara sulit. Banyak penjaja gerobak hingga warung makan menawarkan bubur ayam sebagai menu andalan. Dari sekian banyak penjual bubur, warung Bubur Ayam Kalektoran milik H. Zaenal paling terkenal di sini.

Berdiri sejak tahun 1969, bubur ayam racikan H. Zaenal punya keistimewaan. Tekstur buburnya tidak terlalu kental alias agak encer. Toppingnya melimpah ruah berupa suwiran ayam kampung, ati ayam, cakwe, dan daun bawang.

Saking banyaknya, keseluruhan topping kabarnya mengisi 45% mangkuk. Karenanya harga seporsi bubur ayam H. Zaenal relatif lebih tinggi dibanding bubur di tempat lain. Untuk porsi kecil dihargai Rp 15.000 dan porsi besar Rp 25.000.


H. Zaenal pertama kali menjajakan buburnya di gerobak keliling pada tahun 1961-1968. Banyak warga menyukai bubur ayam buatannya hingga mendatangi rumah H. Zaenal bila mereka tidak mendapatkannya.

Dari kejadian ini, H. Zaenal memutuskan untuk membuka warung bubur ayam sendiri di rumah. Sejak saat itu usahanya terus berkembang dan kini warungnya dikelola sang anak.

Buka mulai pukul 6 pagi, warung ini tak pernah sepi membeli. Kalau sedang ramai, pengunjung harus kecewa kehabisan bubur meski waktu baru menunjukkan pukul 12 siang.

Jika sedang berada di Tasikmalaya, tak ada salahnya mampir sarapan ke sini. Ada jaringan internet kuat yang bisa diandalkan untuk mencari tahu alamat warung makan legendaris ini.



Bubur Ayam Kalektoran H. Zaenal Rosadi

Jalan R. Ikik Wiradikarta No. 33
Telepon: 0265 325369
Jam buka: 6 pagi-2 siang

"Ayo ikuti Ekspedisi Langit Nusantara dan jadilah saksi keindahan Bumi Indonesia" 

(adr/odi)

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com