Musim Durian Tiba, Ini 5 Durian Unggulan Nusantara yang Istimewa

Yenny Mustika Sari - detikFood Senin, 13 Jan 2020 17:00 WIB
Halaman 2 dari 6
Foto: iStock
FOKUS BERITA Durian Enak

1. Durian Bawor (Banyumas)

Kota Banyumas yang sedang direncanakan untuk pemekaran wilayah ternyata mempunyai buah durian yang memiliki kualitas unggulan, yaitu durian bawor. Durian ini mendapat predikat sebagai buah durian 'montongnya Indonesia'. Durian bawor ini merupakan durian yang dihasilkan yang dihasilkan dari persilangan berbagai jenis durian unggulan.

Durian bawor ini memiliki ukuran buah yang besar, bobotnya bisa mencapai 6-9 kilogram per buahnya. Selain itu daging buah durian bawor ini sangat tebal dan memiliki biji yang kecil, teksturnya padat dan legit. Rasanya pun manis, dan sedikit pahit. Kualitasnya yang tinggi ini membuat durian bawor menjadi salah satu durian yang berkualitas unggulan di Indonesia.

Selain jenis durian bawor, Banyumas juga sempat menghebohkan Indonesia dengan munculnya durian J-Queen seharga 14 juta yang dijual di salah satu supermarket yang ada di Tasikmalaya. Daging buah dari durian J-Queen ini bentuknya bulat dengan warna kuning pekat yang cantik. Buah durian dengan harga fantastis ini merupakan buah durian hasil perkawinan silang dari buah durian lainnya. Rasanya unik karena memiliki cita rasa mirip kacang dan mentega, rasanya cenderung gurih.

(yms/odi)
FOKUS BERITA Durian Enak