Tak Boleh Pakai Plastik, Orang Thailand Belanja Pakai Karung Gula hingga Panci

Sonia Basoni - detikFood Senin, 06 Jan 2020 10:30 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Larangan belanja pakai plastik diterapkan pemerintah Thailand secara serentak pada awal tahun ini. Banyak orang yang beralih gunakan karung beras hingga panci untuk berbelanja.

Permasalahan limbah plastik yang sangat serius, semakin membahayakan lingkungan. Menurut data yang dihimpun dari Our World in Data, setidaknya ada lebih dari 275 juta ton limbah plastik yang ada di dunia. Dengan 5 negara yang memiliki limbah plastik paling tinggi, yaitu China, Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Sri Lanka.

Baca Juga: Yuk, Kurangi Sampah Plastik di Dapur dengan 4 Cara Ini!
Tak Boleh Pakai Plastik, Orang Thailand Belanja Pakai Karung Gula hingga PanciFoto: Istimewa

Hal ini lah yang membuat banyak negara mulai berbenah, dan membatasi penggunaan limbah plastik. Salah satunya negara Thailand, yang merayakan tahun baru 2020 dengan menerbitkan kebijakan untuk menghapuskan kantong plastik di setiap supermarket dan mini market yang ada di sana.

Dilansir dari Mothership (05/12), hampir semua perusahaan retail di Thailand mendukung gerakan belanja tanpa plastik ini. Seperti supermarket Big C Supercentre, Siam Makro, Robinsons, Seven Eleven, Central Group dan The Mall Group.

Larangan pemakaian kantong plastik ini rupanya disambut dengan antusias oleh orang-orang Thailand. Mereka punya cara kreatif untuk mengganti kantong plastik, dengan berbagai macam benda seperti panci hingga karung gula.
Tak Boleh Pakai Plastik, Orang Thailand Belanja Pakai Karung Gula hingga PanciFoto: Istimewa

Lewat album Facebook ROV ไหมละ, ada lebih dari 70 foto orang-orang yang berbelanja di supermarket dengan tempat belanja yang lucu. Contohnya seperti seorang pria yang belanja makanan di supermarket menggunakan jaring ikan.

Kemudian ada juga remaja yang membeli aneka makanan ringan, dan minuman dingin yang ia letakkan di dalam tempat jemuran. Uniknya, ada juga orang yang belanja minuman bersoda dan membawa panci masak untuk menyimpan minuman tersebut.

Ada juga ibu-ibu yang bersiap-siap belanja bulanan, dengan membawa karung besar bekas gula untuk menampung semua belanjaannya. Ada juga ibu-ibu yang belanja es batu, dan menggunakan tali untuk mengikat es batunya.
Tak Boleh Pakai Plastik, Orang Thailand Belanja Pakai Karung Gula hingga PanciFoto: Istimewa

"Semua orang semangat untuk mengurangi penggunaan plastik, dengan cara yang kreatif dan menghibur. Semoga ini tetap bisa dilakukan," puji seorang netizen.

"Mengurangi limbah plastik memang tak hanya dari produsennya saja, tapi juga kesadaran orang-orang seperti para konsumen ini. Semoga alam bisa kembali seperti semula," pungkas netizen lainnya.

Baca Juga: Berbahaya! Stop Pakai Plastik untuk Mengemas Makanan

Simak Video "Ini Alasan KFC Tak Gunakan Sedotan Plastik Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)