5 Tren Makanan Paling Nyeleneh yang Muncul Sepanjang 2019

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Rabu, 25 Des 2019 17:00 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Sepanjang 2019 muncul banyak tren makanan termasuk yang nyeleneh. Ada emas yang bisa dimakan hingga sandwich berbahan acar.

Tahun 2019 segera berakhir dengan menghitung hari. Ada banyak tren makanan yang muncul sepanjang tahun ini. Tak semuanya mendapat respon positif, ada juga yang dianggap nyeleneh karena konsepnya unik atau tidak masuk akal. Seperti tren makanan yang dirangkum Eat This, Not That (23/12) berikut.

1. Emas yang bisa dimakan

5 Tren Makanan Paling Nyeleneh yang Muncul Sepanjang 2019Foto: Istimewa

Tak bisa dipungkiri, tahun ini muncul banyak paduan makanan termasuk hidangan gurih dengan emas yang bisa dimakan (edible gold). Penggunaan emas ini bisa menciptakan efek mewah dalam sekejap. Harga makananpun bisa melonjak drastis karenanya.

Salah satunya ramen dengan limpahan bubuk emas di Jepang. Ramen ini dibuat Zundoya yang menghadirkan bubuk emas terpisah dari ramen. Pengunjung dipersilakan menuangkan sendiri bubuk emas tersebut. Ada juga kisah anak-anak Uya Kuya yang mencoba roti bakar berlapis emas seharga Rp 1 juta!

Baca Juga: Wow! Cinta dan Nino Kuya Habiskan Roti Bakar Berlapis Emas 24 Karat

2. Mukbang

5 Tren Makanan Paling Nyeleneh yang Muncul Sepanjang 2019Foto: Istimewa

Mukbang memang bukan makanan, tapi aksi mempertontonkan diri saat makan banyak ini kembali jadi tren di tahun 2019. Tren mukbang berkembang sangat liar hingga pilihan makanannya bukan yang biasa.

Banyak YouTuber membuat sensasi dengan menyantap makanan ekstrem. Misalnya saja mukbang bintang laut, gurita hidup, sampai kepala babi. Di Indonesia sendiri ada YouTuber yang pernah mukbang tokek goreng. Hal ini dilakukan Telulas yang membeli tokek goreng di gerai online.

Baca Juga: Kepala Babi sampai Otak Kelinci, 5 Makanan Ekstrem Pilihan YouTuber Indonesia

3. Sandwich acar

5 Tren Makanan Paling Nyeleneh yang Muncul Sepanjang 2019Foto: Istimewa

Jika biasanya sandwich berbahan roti, di New Jersey, Amerika Serikat muncul kreasi sandwich yang bikin geleng-geleng kepala. Sandwich ini menggunakan acar sebagai pengganti roti. Acarnya berupa mentimun berukuran besar.

Sandwich acar atau sandwich pickle ini dibuat restoran Elsie's. Diantara acar lalu diberi isian keju dan daging. Konon sandwich acar menyehatkan dengan rasa asam yang bikin segar. Sandwich ini pun jadi buruan pencinta hidup sehat.

Baca Juga: Usai Pickle Burger, Kini Ada Pickle Sandwich yang Sehat dan Enak

4. Makanan dengan ekstrak tanaman ganja

5 Tren Makanan Paling Nyeleneh yang Muncul Sepanjang 2019Foto: Istimewa

Tren makanan yang satu ini sangat kontroversial karena memakai ekstrak tanaman ganja. Nama ekstrak tersebut adalah cannabidiol (CBD) yang dianggap legal di beberapa negara. Ada banyak makanan yang diberi CBD. Misalnya kopi, biskuit, hingga permen.

Yang terbaru Carl's Jr cabang Colorado membuat burger CBD. Namanya 'Rocky Mountain High: CheeseBurger Delight' yang diberi isian pepper jack cheese, pickled jalapenos, kentang goreng, dan CBD-infused Santa Fe Sauce.

Baca Juga: Wouw! Gerai Burger Ini Buat Burger Ekstrak Daun Ganja Pertama

5. Pola makan vegan

5 Tren Makanan Paling Nyeleneh yang Muncul Sepanjang 2019Foto: Istimewa

Semakin banyak orang beralih pada pola makan vegan. Mereka tak lagi mengonsumsi makanan hewani, tapi hanya makanan nabati. Produsen makanan besar pun ikut menciptakan produk versi vegan. Misalnya KFC di Atlanta yang luncurkan fried chicken vegan.

Ayam goreng ini dibuat dengan protein kedelai, protein kacang polong, tepung beras, serat wortel, ekstrak ragi, minyak sayur, dan zat penstabil. Selain KFC di Atlanta, di Jepang sekarang hadir minimarket pertama yang tawarkan seluruhnya menu vegan.

Baca Juga: Ini Dia Minimarket Pertama di Jepang yang Tawarkan Menu Vegan



Simak Video "Olahan Petis Kambing Runting Khas Pati"
[Gambas:Video 20detik]
(adr/odi)