Rayakan Hari Ibu, Ini Dia 5 Masakan Ibu yang Selalu Bikin Kangen

Yenny Mustika Sari - detikFood Minggu, 22 Des 2019 11:00 WIB
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Hari Ibu diperingati tiap 22 Desember. Banyak sekali hal yang dirindukan dari Ibu termasuk masakannya. Seperti 5 masakan pilihan netizen ini.

Hari Ibu diperingati di Indonesia setiap tanggal 22 Desember. Hari ibu merupakan wujud kasih sayang semua orang kepada sosok yang telah melahirkannya ke dunnia. Sebenarnya bentuk kasih sayang bisa diungkapkan kapanpun, namun Hari Ibu ini sebagai tanda bahwa Ibu harus selalu disayangi hingga kapanpun.

Jika menceritakan soal Ibu, ada banyak hal yang dapat membuat Anda kangen. Omelan, kasih sayang, bahkan masakan Ibu pasti membuat kamu kangen jika berjauhan dengannya. Berikut 5 masakan Ibu yang paling bikin kangen menurut netizen.

Baca Juga: Hari Ibu, 3 Chef Ini Punya Masakan Andalan Sang Ibu
Rayakan Hari Ibu, Ini Dia 5 Masakan Ibu yang Selalu Bikin KangenFoto: Istimewa

1. Sayur Asem

Sayur asem adalah hidangan sederhana berbahan dasar ragam jenis sayuran seperti labu siam, kacang panjang, pepaya muda, kacang tanah, hingga melinjo. Sayur asem seperti namanya memiliki kuah yang asam segar karena memakai buah asam mentah.

Sayur asem ternyata menempati posisi pertama sebagai masakan Ibu yang paling bikin kangen versi netizen. Menurut Dwi Lestari (Pegawai Swasta) yang mengikuti survei kecil dari tim detikFood mengatakan, "Sayur asem buatan umi aku itu rasanya paling enak. Apalagi bumbunya selalu diulek sendiri, jadi rasanya pas banget."

Rayakan Hari Ibu, Ini Dia 5 Masakan Ibu yang Selalu Bikin KangenFoto: detikFood

2. Sayur Lodeh

Sayur lodeh juga merupakan hidangan sederhana dengan bahan dasar aneka sayuran. Aneka sayuran yang terdapat pada sayur lodeh ini jenisnya hampir mirip dengan bahan dasar sayur asem, namun bisa ditambahkan sayuran lain seperti terong. Namun sayur lodeh ini menggunakan santan kelapa dan biasanya disajikan dengan cita rasa pedas.

Sayur lodeh ini menempati urutan kedua sebagai masakan Ibu yang paling bikin kangen versi netizen. Menurut Annisa (Pegawai Swasta) sayur lodeh buatan ibunya memiliki cita rasa istimewa. "Sayur lodeh buatan Ibu aku itu paling bikin kangen, soalnya Ibu aku kalau masak sayur lodeh pakai santan yang tidak terlalu kental dan tidak terlalu pedas. Jadi menurut aku rasanya pas," kata Annisa

Rayakan Hari Ibu, Ini Dia 5 Masakan Ibu yang Selalu Bikin KangenFoto: detikcom

3. Ikan Asin dan Sambal Terasi

Tak lengkap rasanya jika tidak menyantap ikan asin goreng dengan sambal. Hidangan satu ini tak boleh terlewatkan dan harus disantap bersama. Cita rasa ikan asin dan sambal terasi yang khas dapat membuat nafsu makan meningkat.

Ikan asin dan sambal terasi ini juga banyak dipilih oleh netizen yang mengikuti survei kecil dari tim detikFood. Ahmad Fauzi (Pegawai Swasta) mengatakan, "Ikan asin dan sambal terasi ulek buatan Ibu itu yang paling mantap. Apalagi makannya pakai nasi hangat."

Baca Juga: Masak hingga Makan Bareng, Tradisi Unik di Hari Ibu di Berbagai Negara

Rayakan Hari Ibu, Ini Dia 5 Masakan Ibu yang Selalu Bikin KangenFoto: Dok.Tastemade

4. Ayam Goreng

Hidangan sederhana yang juga biasa dimasak oleh Ibu adalah ayam goreng. Bumbunya memang sederhana namun cita rasanya sangat nikmat. Tiap Ibu biasanya memiliki racikan bumbu ayam goreng andalan masing-masing.

Ayam goreng buatan Ibu ini juga masuk ke dalam daftar survei kecil tim detikFood. Ayam goreng yang dimasak dengan bumbu ungkep sederhana ini berhasil bikin kangen karena dimasak oleh Ibu sendiri. Menurut Ami dan Febri (Pegawai Swasta), ayam goreng buatan Ibu itu yang paling bikin kangen. Apalagi disantap dengan nasi putih hangat dan sambal terasi yang nikmat.

Rayakan Hari Ibu, Ini Dia 5 Masakan Ibu yang Selalu Bikin KangenFoto: detikfood

5. Sambal Goreng Ati

Sambal goreng ati ini salah satu hidangan khas Indonesia yang bisa dimasak sebagai masakan harian. Namun sambal goreng ati ini juga biasa disuguhkan saat perayaan hari raya tiba seperti Lebaran.

Ternyata sambal goreng ati ini juga jadi salah satu masakan Ibu yang paling bikin kangen versi netizen. Menurut Rini Widiastuti (Pegawai Swasta) yang telah mengikuti survei kecil tim detikFood, "Sambal goreng ati buatan Ibu itu paling mantap. Apalagi makannya pas momen tertentu saja seperti lebaran. Itu sih yang bikin kangen."

Kelima masakan Ibu yang paling bikin kangen versi netizen melalui survei singkat tim detikFood ini jadi bukti kalau masakan Ibu itu yang paling nikmat untuk disantap. Apalagi saat tinggal berjauhan dari Ibu, pasti kamu akan mencari masakan 'comfort food'. Bagi para ibu, selamat merayakan Hari Ibu ya!

Simak Video "Mengintip Pembuatan Kue Keranjang dengan Resep dari Tiongkok"
[Gambas:Video 20detik]
(yms/adr)