Masak hingga Makan Bareng, Tradisi Unik di Hari Ibu di Berbagai Negara

Sonia Basoni - detikFood Jumat, 21 Des 2018 15:20 WIB
Foto: Istimewa
Jakarta - Di Indonesia, Hari Ibu dirayakan setiap tanggal 22 Desember. Tidak hanya Indonesia, hampir setiap negara memiliki tradisi yang unik untuk merayakan Hari Ibu.

Hampir seluruh negara di dunia merayakan Hari Ibu sebagai bentuk apresiasi, untuk semua kasih sayang dan kerja keras yang telah dilakukan oleh para ibu di seluruh dunia.

Dilansir dari Pulse (21/12), ada beberapa negar yang punya tradisi unik untuk merayakan Hari Ibu. Salah satunya dengan masak sambil bernyanyi, makan di restoran, hingga memberikan kue bentuk mawar.

Baca Juga: So Sweet! Restoran Ini Beri Kejutan Manis Pada Seorang Ibu yang Makan Sendirian

1. Jepang
Masak hingga Makan Bareng, Tradisi Unik di Hari Ibu di Berbagai NegaraFoto: Istimewa
Di Jepang, Hari Ibu dirayakan pada bulan Mei. Perayaan ini melambangkan kecantikan, kekuatan, dan kasih sayang dari semua ibu yang sangat dihargai di Jepang. Biasanya anak-anak akan menggambar wajah sang ibu, sekaligus memanjakan para ibu dengan makanan yang mereka buat khusus.

Anak-anak akan langsung turun ke dapur, membuat makanan spesial seperti sushi, telur, hingga makanan khas Jepang lainnya. Usai memasak dan makan bersama, anak-anak akan melakukan tugas rumah yang sehari-hari dilakukan sang ibu.


2. Eithiopia

Masak hingga Makan Bareng, Tradisi Unik di Hari Ibu di Berbagai NegaraFoto: Istimewa
Hari Ibu sering disebut sebagai Festival Antrosht, yang artinya didedikasikan untuk para ibu. Para warga di sana akan menunggu cuaca cerah, lalu mulai mempersiapkan jamuan makan spesial untuk para keluarga.

Biasanya para putri akan memabwa keju dan sayuran, sementara para putra akan membawa pasokan daging. Selama mempersiapkan dan memasak makanan, mereka semua akan menyanyi dan bernari. Nantinya, semua makanan yang mereka buat akan disajikan untuk sang ibu yang dianggap sebagai pahlawan di dalam keluarga.


3. Prancis

Masak hingga Makan Bareng, Tradisi Unik di Hari Ibu di Berbagai NegaraFoto: Istimewa
Di tahun 1920, negara Prancis mulai memberikan mendali untuk para ibu sebagai bentuk penghormatan. karena telah membantu membangun populasi, setelah hanpir setengah populasi di Prancis tewas terbunuh di Perang Dunia I.

Setelah Perang Dunia II, pemerintah Prancis memutuskan bahwa akhir bulan Mei sebagai Hari Ibu. Di mana kado tradisional yang paling banyak diberikan adalah kue berbentuk kelopak mawar. Selain kue mawar, para keluarga akan mengadakan jamuan makan siang atau makan malam spesial yang ditunjukkan khusus untuk ibu mereka.


4. Meksiko

Masak hingga Makan Bareng, Tradisi Unik di Hari Ibu di Berbagai NegaraFoto: Istimewa
Di Meksiko, Hari Ibu termasuk hari raya yang penting. Uniknya, hampir seluruh restoran di Meksiko akan dipenuhi hingga dibanjiri pengunjung yang membawa ibu mereka untuk makan di restoran.

Menurut survey, Hari Ibu yang jatuh setiap bulan Mei, menjadi hari yang paling sibuk untuk setiap restoran di Meksiko. Di Hari Ibu, setiap restoran harus dipenuhi dengan bunga, diisi dengan musik, makanan enak, hingga selebrasi lainnya.


5. Inggris

Masak hingga Makan Bareng, Tradisi Unik di Hari Ibu di Berbagai NegaraFoto: Istimewa
Di Inggris, Hari Ibu bertepatan dengan Lent, yaitu hari puasa yang dilakukan oleh pemeluk agama Katolik dan Protestan. Di akhir Perang Dunia II, selebrasi Hari Ibu ini kembali dirayakakan.

Banyak anak-anak yang membuat Simnel Cake, sejenis fruit cake yang dihiasi dengan kacang almond. Kue-kue ini dibuat langsung di rumah, dan dulu merepresentasikan sebuah penghargaan untuk para ibu, sehingga para ibu bisa membatalkan puasa mereka di Hari Ibu dengan kue ini. Sampai sekarang masih banyak orang yang membuat Simnel Cake di Hari Ibu.

Baca Juga: Bikin Haru! Ibu Ini Naik Bus Tiap Hari Kirimkan Makanan untuk Anaknya yang Depresi (sob/odi)