Hari Ibu, 3 Chef Ini Punya Masakan Andalan Sang Ibu

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Sabtu, 22 Des 2018 09:26 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Momen hari ibu membuat tiga chef ini teringat masakan andalan ibu mereka. Ada chef Yuda Bustara, Chandra Yudasswara, dan Steby Rafael yang berbagi cerita.

Merayakan hari ibu seolah membuat kita kembali mengingat jasa-jasa seorang ibu, termasuk momen manis saat masih kecil. Begitu juga makanan andalan buatan ibu yang selalu sukses bikin kangen bahkan hingga kita beranjak dewasa.

Hal ini turut dirasakan chef Steby Rafael yang punya makanan favorit buatan sang ibu. "Sebenernya masakan rumah biasa aja cuma memang kalau pas makan masakan mama itu bikin kayak balik ke masa kecil pas masih Sekolah Dasar (SD)," tutur chef tampan ini pada detikFood (21/12).

Hari Ibu, 3 Chef Ini Punya Masakan Andalan Sang IbuChef Steby Rafael yang selalu terkenang masakan sang ibu (Foto: Istimewa)

Menu favorit ayah satu anak ini adalah teri cabe dan telur dadar. "Sama sambal merah Padang yang diulek kasar," lanjut chef Steby. Ia pun mengaku pernah coba membuat sendiri hidangan itu saat sudah dewasa.

Senada dengan chef Steby, chef Yuda Bustara juga kerap merindukan masakan sang ibu. "Ibuku sebenarnya nggak terlalu bisa masak, tapi ada menu yang paling dia jago masak," kata chef muda ini.

Chef Yuda menjagokan sambal teri Medan dan ikan peda sambal ijo buatan sang ibu. Ia bahkan menanyakan resep kedua hidangan itu lalu coba membuatnya.

Hari Ibu, 3 Chef Ini Punya Masakan Andalan Sang IbuYuda Bustara menjagokan sambal teri Medan buatan sang ibu (Foto: Istimewa)

Soal rasa, chef Yuda mengaku sama enaknya. "Rasanya sama dong kan resepnya dari ibu sendiri hehe," kata chef yang jalani pola hidup sehat ini.

Beberapa hal yang chef Yuda pelajari dari sang ibu adalah trik membuat teri tidak terlalu asin dan mengemukkan ikan peda plus cabe ijo. "Diajarin rendam teri dulu supaya gak terlalu asin, dan juga ikan pedanya juga direndam supaya empuk sama rebus cabe ijo supaya empuk," tuturnya.

Yang juga menarik adalah masakan buatan ibu chef Chandra. "Ada telur dan ayam balado, sama rendang," kata chef Chandra soal menu yang dikangeni dari ibunya. Ia juga sering membuat tiga menu itu berdasarkan resep sang ibu.


Hari Ibu, 3 Chef Ini Punya Masakan Andalan Sang IbuChef Chandra belajar membuat rendang dari sang ibu (Foto: iStock)

Selain itu, chef Chandra mengaku dapat pelajaran masak berharga dari ibunya. "Dari resep rendang, saya belajar teknik slow cooking. Ketika kelapa dan bahan lainnya terkaramelisasi perlahan hingga harum," tutupnya.

Nah, bagaimana dengan kamu? Masakan ibu apa yang selalu bikin kamu kangen?

(adr/odi)