Serunya Presiden Jokowi Makan Seafood dengan Sambal Enak Buatan Gubernur Kaltara

Sonia Basoni - detikFood Kamis, 19 Des 2019 14:28 WIB
Foto: Sekretariat Presiden
Jakarta - Dalam kunjungan kerja terbarunya, Presiden Joko Widodo mampir ke Tarakan, Kalimantan Utara. Di sana ia sempat makan malam dengan hidangan seafood, dan racikan sambal spesial buatan Gubernur Kaltara.

Mampir ke kota Tarakan, Presiden Jokowi membawa rombongannya untuk mampir ke Warung Teras (18/19), yang spesialis menyajikan hidangan seafood segar khas Kalimantan.

Jokowi tak sendirian, di sana ia ditemani dengan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Irianto Lambrie, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Staf Khusus Presiden Fadjroel Rachman.
Serunya Presiden Jokowi Makan Seafood dengan Sambal Enak Buatan Gubernur KaltaraFoto: Sekretariat Presiden

Baca Juga: Festival Makanan Indonesia Meriahkan Kunjungan Presiden Joko Widodo ke Seoul

Ini merupakan acara makan malam di luar agenda resmi presiden. Tapi yang membuat acara ini semakin spesial adalah, karena tak hanya dijamu dengan berbagai seafood segar dari kota Tarakan. Jokowi juga disuguhkan dengan ulekan sambal bawang, yang dibuat langsung oleh Gubernur Kalimantan Utara, Irian Lambrie.

Dalam video berdurasi pendek, yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden. Terlihat keakraban Jokowi mendengar Erick Tohir, hingga Tito Karnavian berbincang santai sambil menunggu pesanan makanan mereka tiba.

Disela-sela itu, hadir juga acara membuat sambal oleh Irian Lambrie. Menggunakan cobek besar, racikan sambal bawang sederhana, yang menggunakan tomat, irisan bawang merah, dan cabe rawit merah diulek hingga halus dengan gerakan yang cekatan oleh Gubernur Kaltara langsung.
Serunya Presiden Jokowi Makan Seafood dengan Sambal Enak Buatan Gubernur KaltaraFoto: Sekretariat Presiden

Tak lama setelah itu, hidangan yang dipesan pun tiba. Di sana Jokowi dan rombongan, menyantap udang goreng, kepiting soka telur asin, kepiting bumbu saos padang, burung dara, sup ikan bumbu kuning, dan buncis telur asin. Tentunya lengkap dengan sambal buatan Gubernur Kaltara.

Jokowi sendiri dikenal paling suka dengan hidangan tradisional, khususnya sambal. Dalam beberapa kesempatan, Jokowi tampaknya tak bisa lepas dari sambal sebagai menu pelengkap yang dipilihnya.

Acara makan malam ini berlangsung meriah. Sambutan hangat juga diberikan oleh pemilik restoran Warung Teras, yang merasa senang karena dapat menjamu Jokowi dan rombongannya.
Serunya Presiden Jokowi Makan Seafood dengan Sambal Enak Buatan Gubernur KaltaraFoto: Sekretariat Presiden

"Senang sekali, ini kunjungan kedua. Tapi di kunjungan ini tidak pakai surat, biasanya kami dapat surat, tiga hari sebelum (kunjungan). Tapi tiba-tiba ada pemberitahuan bahwa (Presiden Jokowi) mau datang, makanya kita langsung cepat-cepat menyiapkannya," tutur William Gideon, selaku pemilik dari Warung Teras.

Usai menyantap aneka seafood dan sambal spesial, tak lupa Jokowi menyempatkan waktunya untuk menyapa para warga yang sudah memenuhi bagian luar restoran. Di sana, Jokowi juga sempat berfoto bersama dengan beberapa warga yang antusias menantinya.

Baca Juga: Promosikan Sambal Terasi dan Brownies di Bogor, Jokowi: Beli Ya!

Simak Video "Rekomendasi Kuliner Solo Jagoan Presiden Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(sob/odi)