Bisa Beli Rumah Mewah! Ini Harga Jamur Truffle yang Capai Rp 2 M per Kilogram

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood Senin, 18 Nov 2019 13:00 WIB
Halaman 1 dari 6
Foto: Istimewa
Jakarta - Truffle adalah jenis jamur istimewa berharga fantastis. Harga jualnya 'selangit' hingga setara dengan harga rumah mewah.

Truffle sering disebut sebagai jamur, namun karakteristik keduanya berbeda. Jika jamur lain bisa tumbuh dan dibudidayakan di ruang terbuka, truffle hanya bisa tumbuh dalam kegelapan. Jenisnya beragam seperti winter white, winter black, muscat black, musky black, Chinese black, dan white truffle.

Soal harga, truffle terkenal sangat mahal. Ada alasan di balik hal tersebut. Pertama, jamur dari Eropa ini membutuhkan kondisi tanah dan udara khusus agar bisa berkembang. Suhunya harus lembab dan hangat pada siang hari, namun dingin di malam hari.

Kedua, pertumbuhan truffle termasuk lambat dengan musim yang singkat dan tidak tahan lama ketika sudah diangkat dari tanah. Terakhir, lokasi truffle sulit dicari. Untuk memanennya, pemburu truffle dibantu hewan seperti anjing atau babi yang memiliki penciuman tajam untuk menemukan lokasi truffle.

Meski harganya selangit, banyak orang ternyata rela mengeluarkan banyak uang untuk membeli truffle. detikFood (18/11) merangkum kisahnya seperti berikut.

(adr/odi)